ANALISIS TINGKAT LITERASI INFORMASI MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PGSD STKIP TAPANULI SELATAN

Main Article Content

monica theresia

Abstract

Tujuan yang akan dicapai dari penelitian ini dalam jangka panjang adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan literasi informasi mahasiswa PGSD STKIP Tapanuli Selatan. Target khusus yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah supaya mahasiswa memahami literasi informasi dengan baik sesuai dengan standar ACRL dengan begitu menghasilkan lulusan sarjana yang kompeten serta menunjang mutu perguruan tinggi. Jenis penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan bentuk studi kasus. Prosedur yang dilakukan dalam penelitian ini dengan mengumpulkan informasi terlebih dahulu, kemudian data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan  cara mengelompokkan data sesuai dengan permasalahan penelitian dan diterjemahkan dengan kata-kata.


Hasil yang didapat setelah disebarkan angket kepada responden adalah secara umum tingkat literasi mahasiswa PGSD IPTS sudah baik, untuk lebih jelasnya bisa dijabarkan per standar ACRL standar 1 rata-ratanya 87,75%, standar 2 rata-ratanya 79%, stnadar 3 rata-ratanya 77%, standar 4 rata-ratanya 79,75% dan standar 5 rata-ratanya 75,75%. Dari hasil penelitian ini dapat diambil kesimpulan bahwa sebagian besar mahasiswa PGSD IPTS sudah memiliki kemampuan literasi informasi yang baik dalam mecari informasi yang dibutuhkan.

Article Details

How to Cite
[1]
monica theresia, “ANALISIS TINGKAT LITERASI INFORMASI MAHASISWA SEMESTER I PROGRAM STUDI PGSD STKIP TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 4, no. 2, p. 38, Jun. 2018.
Section
Artikel