MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FILSAFAT OLAHRAGA SELAMA PANDEMI COVID-19

Main Article Content

Yahya Eko Nopiyanto Ibrahim Ibrahim

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui tingkat minat mahasiswa semester dua dalam mengikuti pembelajaran filsafat olahraga. Peneliti menggunakan metode deskriptif kuantatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa yang mengikuti kontrak di kelas filsafat olahraga berjumlah 26 mahasiswa. Total sampling dalam penelitian ini untuk menentukan besaran sampel sehingga semua populasi dijadikan sampel penelitian. Peneliti menggunakan angket yang diformulasikan ke dalam google form sebagai intrumen penelitian. Berdasarkan pengolahan data didapatkan informasi bahwa minat mahasiswa ditinjau dari indikator perasaaan senang terdapat 22 mahasiswa pada kategori sangat tinggi dengan persentase 85%, ditinjau dari indikator perhatian diketahui bahwa terdapat 12 mahasiswa atau 46% dalam kategori sangat tinggi, terdapat 19 atau 73% mahasiswa menunjukkan ketertarikan yang sangat tinggi, ditinjau dari indikator keterlibatan terdapat 15 atau 57% mahasiswa menunjukkan keterlibatan yang sangat tinggi. Jadi, dapat disimpulkan bahwa minat mahasiswa dalam mengikuti pembelajaran daring pada mata kuliah filsafat olahraga dalam kategori sangat tinggi.

Article Details

How to Cite
[1]
Y. Nopiyanto and I. Ibrahim, “MINAT BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH FILSAFAT OLAHRAGA SELAMA PANDEMI COVID-19”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 177-181, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Amaniyah, I., Rahmawati, I., & Lailiyah, S. (2021). As Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Google Meet dan Whatsapp Group untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Selama Pandemi Covid 19. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 28-42.
Aminah, S., Radita, N., & Widodo, S. (2021). Eksperimentasi Pembelajaran Daring Dengan Video Conference Pada Program Studi Teknik Informatika di Masa Pandemi. Teknika, 10(1), 37-42. DOI: https://doi.org/10.34148/teknika.v10i1.323
Febriyona, C., Supartini, T., & Pangemanan, L. (2019). Metode Pembelajaran dengan Media Lagu untuk Meningkatkan Minat Belajar Firman Tuhan. Jurnal Jaffray, 17(1), 123-140. DOI: http://dx.doi.org/10.25278/jj71.v17i1.326
Hapsari, T. P. R. N., & Fitria, A. S. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring Mata Kuliah Evaluasi Pengajaran Bahasa Dan Sastra Indonesia Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah SEMANTIKA, 2(01). DOI: https://doi.org/10.46772/semantika.v2i01.259
Hidayat, P. W., & Widjajanti, D. B. (2018). Analisis kemampuan berpikir kreatif dan minat belajar siswa dalam mengerjakan soal open ended dengan pendekatan CTL. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 13(1), 63-75. DOI: https://doi.org/10.21831/pg.v13i1.21167
Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154.
Hosnan, M. (2014) Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.
Krismiati, A. (2013). Penerapan pembelajaran dengan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) secara berkelompok untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa di kelas X SMA. Infinity Journal, 2(2), 123-135.
DOI: https://doi.org/10.22460/infinity.v2i2.p123-135
Kristina, M., Sari, R. N., & Nagara, E. S. (2020). Model Pelaksanaan Pembelajaran Daring pada Masa Pandemi Covid 19 di Provinsi Lampung. Idaarah, 4(2), 200-209. DOI: 10.24252/idaarah.v4i2.16945
Kurniawan, D. E. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Education and Development, 9(2), 47-51. https://doi.org/10.37081/ed.v9i2.2442
Megawati, R., Leksono, I. P., & Harwanto, H. (2021). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Tipe Kepribadian Siswa. Jurnal Education And Development, 9(1), 19-19. https://doi.org/10.37081/ed.v9i1.2228
Murliansyah, W. A. (2013). Efektivitas Metode Suggestopedia Menggunakan Musik Klasik Terhadap Minat Belajar Bahasa Inggris Pada Siswa Smpn 13 Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Semarang).
Murtini, J., Utami, W. S., & Budiyanto, E. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Blended Learning Dengan Media Sway Pada Materi Peta Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas X Ilmu Sosial 1 Sma Negeri 3 Jombang Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Education and Development, 9(1), 314-314.
Nelly, F. (2012). Penerapan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Secara Berkelompok Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Dan Self Confidence Siswa SMP: Studi Kuasi Eksperimen pada Siswa Kelas VIII Salah Satu SMP Negeri di Ngamprah (Doctoral dissertation, Universitas Pendidikan Indonesia).
Nopiyanto, Y. E. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani Generasi 80-an dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika, 5(2), 139-148.
Nopiyanto, Y. E., & Raibowo, S. (2020). Penerapan model pembelajaran Jigsaw untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar mahasiswa penjas pada mata kuliah filsafat penjas dan olahraga. Journal Of Sport Education (JOPE), 2(2), 61-69. DOI: http://dx.doi.org/10.31258/jope.2.2.61-69
Nopiyanto, Y. E., Sutisyana, A., Raibowo, S., & Yarmani, Y. (2021). Blended Learning with Jigsaw in Increasing Interest, Motivation, and Learning Outcomes in Sports Sociology Learning. Kinestetik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Jasmani, 5(1), 26-34. DOI: https://doi.org/10.33369/jk.v5i1.13905
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Novriansyah, N., & Ibrahim, I. (2021). Meningkatkan hasil belajar mahasiswa melalui model pembelajaran flipped clasroom. Altius: Jurnal Ilmu Olahraga dan Kesehatan, 10(1), 8-18. DOI: https://doi.org/10.36706/altius.v10i1.13575
Nurnawati, E., Yulianti, D., & Susanto, H. (2012). Peningkatan kerjasama siswa SMP melalui penerapan pembelajaran kooperatif pendekatan think pair share. UPEJ Unnes Physics Education Journal, 1(1).
Putra, B. J., Siantoro, G., & Tuasikal, A. R. S. (2021). The Analysis Of Online Pjok Learning Against Student Interests, Activities And Learning Outcomes During The Pandemic Period Coronavirus Disease (Covid-19) At Smpn 27 Gresik. Jurnal Education And Development, 9(1), 259-259.
Rigianti, H. A. (2020). Kendala Pembelajaran Daring Guru Sekolah Dasar Di Banjarnegara. Elementary School: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran ke-SD-an, 7(2).
Rusdiana, E., & Nugroho, A. (2020). Respon mahasiswa pada pembelajaran daring bagi mahasiswa mata kuliah pengantar hukum Indonesia UNESA. Integralistik, 31(1), 1-12. DOI: https://doi.org/10.15294/integralistik.v31i1.21834
Saragih, E. M., & Ansi, R. Y. (2020, October). Efektivitas penggunaan whatsapp group selama pandemi Covid-19 bagi pelaku pendidik. In Seminar Nasional Multi Disiplin Ilmu Universitas Asahan.
Saefulmilah, R. M. I., & Saway, M. H. M. (2020). Hambatan-hambatan pada Pelaksanaan Pembelajaran Daring di SMA Riyadhul Jannah Jalancagak Subang. NUSANTARA, 2(3), 393-404.
Syarifudin, A. S. (2020). Impelementasi pembelajaran daring untuk meningkatkan mutu pendidikan sebagai dampak diterapkannya social distancing. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Metalingua, 5(1), 31-34.
Slameto. (2015). Belajar dan Faktor-faktor yang Memengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta
Surya, M. Psikologi Guru Konsep Dan Aplikasi Bandung: Alfabeta.
Yahya, S., Supardi, K. I., & Masturi, M. (2017). Satesik (Sains, Teknologi & Musik) Untuk Meningkatkan Minat Belajar Dan Pemahaman Konsep Sains. Journal of Innovative Science Education, 6(1), 104-115.