ANALISIS POLA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA SDN 5 MENDO BARAT DI MASA PANDEMI

Main Article Content

Feni Kurnia Dea Angelica Hikmatul Uzma Imas Rahmatissa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola belajar yang diterapkan pada siswa di SD N 5 Mendo Barat di masa pandemi dan pengaruhnya terhadap minat belajar siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sampel penelitian dalam penelitian ini adalah siswa dan guru di SDN 5 Mendo Barat. Penelitian dilakukan dengan melakukan observasi dan wawancara. Berdasarkan hasil observasi kegiatan pembelajaran yang melakukan apersepsi sebesar 75%. Serta hasil wawancara yang dilakukan dengan guru menunjukkan minat belajar siswa sama saja dengan keadaan sebelum pandemi karena dilakukan kegiatan pembelajaran secara luring berkelompok, berbeda dengan keadaan kegiatan pembelajaran daring minat belajar siswa sangat menurun dikarenakan berbagai faktor. Hasil belajar siswa juga bisa dilihat dari kemampuan siswa, jika berkenaan dengan materi berhitung nilai siswa masih bisa dikatakan baik. Namun, dalam pembelajaran yang memerlukan penalaran siswa masih kurang memahami arti dari wacana yang dibacanya.Upaya guru dalam meningkatkan minat belajar siswa juga cukup baik seperti memberikan motivasi dengan memberikan kata-kata pujian, reward dan skor yang akan diakumulasikan di akhir semester.

Article Details

How to Cite
[1]
F. Kurnia, D. Angelica, H. Uzma, and I. Rahmatissa, “ANALISIS POLA BELAJAR DAN MINAT BELAJAR SISWA SDN 5 MENDO BARAT DI MASA PANDEMI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 148-151, Jul. 2021.
Section
Artikel

References

Afifah, Y., Rahayu, M., Wafa, M. I., Saputra, S. D., & Nuryana, I. (n.d.). Peningkatan Minat Belajar Siswa SDN Ketangi Melalui Pendampingan Belajar di Rumah Dengan Metode Blended Learning.
C, B. D., Amelia, A., Hasanah, U., Putra, A. M., & Rahman, H. (n.d.). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Volume 1 No 2 Tahun 2020.
CNN Indonesia. 6 Juli 2021. "Kasus Covid Rekor Ganda Lagi, Positif 31.189, Meninggal 728". Jakarta.
Fauziah, A., Rosnaningsih, A., & Azhar, S. (2017). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dengan Minat Belajar Siswa Kelas IV SDN PORIS GAGA 05 Kota Tanggerang. Jurnal JPSD Volume 4 No 2 Tahun 2017
Moleong. (2012). Korelasi Antara Kemampuan Awal, Pola Belajar, Dan Latar Belakang Pendidikan Orang Tua Dengan Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas VII SMP Sekecamatan Karangpucung Kabupaten Cilacap.
Nasrallah, R. (2014). Learning Outcomes’ Role in Higher Education Teaching. Education, Business and Society: Contemporary Middle Eastern Issues , Volume 7 No 4 Tahun 2014
Riana, Friski. 6 Juli 2021. " Indonesia Tempati Posisi Pertama Kasus Harian Covid-19 Dunia". Tempo. Jakarta.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung Alfabeta
Trisharsiwi. (2009). Pengaruh Pola Belajar Dan Frekuensi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Jumapalo Pada Mata Pelajaran Biologi