PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AL MIFTAH UNTUK MENINGKTKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU DAN SHOROF SANTRI AS SALMA BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS

Main Article Content

Rina Dian Rahmawati Siti Nur Ainun

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena problema yang terjadi di kalangan pondok pesantren saat ini yakni banyaknya santri yang mengalami kesulitan dalam mempempelajari ilmu nahwu dan shorof. Hal demikian pun terjadi pada salah satu pondok pesantren As Salma yakni sebuah pondok pesantren yang berada dalam salah satu naungan Yayasan Pondok Pesanten Bahrul Ulum Tambakberas Jombang. Oleh karena itu pengasuh dan para staf pendidik pondok pesantren As Salma mencari berbagai metode pembelajaran yang cocok untuk dipraktekkan sebagai upaya agar para santri dapat memahami ilmu nahwu dan shorof. Pada akhirnya pengasuh memilih  metode  pembelajaran Al Miftah. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret sampai Mei 2021. Subjek penelitian ini adalah santri As Salma yang sedang belajar metode Al Miftah jilid 1. Pengaruh metode Al Miftah untuk meningkatkan pemahaman ilmu nahwu dan shorof santri pondok pesantren As Salma Bahrul Ulum Tambakberas Jombang dalam kategori baik dibuktikan dengan hasil penyebaran angket pada santri yang menunjukkan prosentase 89, 78.  Jika dilihat dari nilai angket berarti setuju. Hal ini menunjukkan bahwa metode Al Miftah berpengaruh terhadap peningkatan pemahaman ilmu nahwu dan shorof santri As Salma.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Rahmawati and S. Ainun, “PENGARUH METODE PEMBELAJARAN AL MIFTAH UNTUK MENINGKTKAN PEMAHAMAN ILMU NAHWU DAN SHOROF SANTRI AS SALMA BAHRUL ULUM TAMBAKBERAS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 200-203, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Anisah, Luluk. 2016. Tathbiq Al Miftah Lil Ulum Sidogiri Litashili Qiroati Kutubi Turotsi Bi Madrasati Miftakhul Ulum Diniyah Sukodani. Pasuruan : STAI Al Yasini.
Arif Armai. 2002. Pengantar Ilmu Metodologi Pendidikan Islam. Ciputat : Ciputat Press
Fatkhurrazi, M Imam. 2018. Nahwu dan Shorof Prespektif Pembelajar Kedua Jurnal online ISNN 2598-0637. Unversitas Negeri Malang.
Mahmudah, Menik. 2019. Metode Pembelajaran Al Miftah. Jurnal Online ISNN 2597 – 5242 (2019). Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang.
Muzaki, Abdullah. 2015. Pengantar Studi Nahwu. Yogyakarta : Idea Press Yogyakarta.