ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS VIII DIPONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIN SAMBONG JOMBANG

Main Article Content

Nurul Hidayah Ummi Zulfa Ulya

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk kesalahan fonologi dalam keterampilan membaca teks bahasa arab (maharah qiro’ah) dan mengurangi kesalahan pada aspek pelafalan huruf-huruf arab (makhorijul huruf). Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan analisis terhadap kesalahan membaca dan pelafalan huruf-huruf bahasa arab. Data penelitian ini di dapat dengan cara wawancara dan membaca teks arab. Wawancara ini dilibatkan pada siswa kelas VIII. Wawancara dilakukan kepada santri putri kelas VIII.Hasil observasi menunjukkan pula bahwa dalam praktik belajar keterampilan membaca teks Arab, kesalahan fonologi dalam bentuk huruf yang terjadi diantaranya kesalahan melafalkan huruf yang pelafalannya terdengar mirip seperti berikut ini : Huruf اmenjadi ع atau sebaliknya, Huruf كmenjadi قatau sebaliknya, huruf حmenjadi ھatau sebaliknya, huruf سmenjadi شatau sebaliknya, huruf صmenjadi سatau sebaliknya, huruf ذmenjadi ز atau sebaliknya, huruf ذmenjadi سatau sebaliknya, huruf جatau sebaliknya, huruf زmenjadi جatau sebaliknya, huruf ظmenjadiزatau sebaliknya, huruf طmenjadi تatau sebaliknya,huruf غmenjadi خatau sebaliknya, dan huruf غmenjadi عatau sebaliknya.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Hidayah and U. Ulya, “ANALISIS KESALAHAN FONOLOGI DALAM KETERAMPILAN MEMBACA TEKS ARAB SISWA KELAS VIII DIPONDOK PESANTREN DARUL MUTTAQIN SAMBONG JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 208-212, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Amrulloh, M. A., & Hasanah, H. (2019). Analisis Kesalahan Fonologis Membaca Teks Bahasa Arab Siswa Madrasah Tsanawiyah Lampung Selatan. Arabiyatuna : Jurnal Bahasa Arab, 3(2), 209. https://doi.org/10.29240/jba.v3i2.815
Syaiful, M., & Hidayat, B. (n.d.). ثحبلا صخلم بــجي يــتلا ةــغللا صراــنع كاــنه ، ةــيبرعلا ةــغللا في ةــعبرلأا ةــيوغللا تاراــهلما نــمو يــه تاوــصلأا مــلع . تاوــصلأا مــلع يــه ةــغللا صراــنع ىدــحإو . اــهملعت باــطلا ىــع هذــهو . حــيحص لكــشب ةيهفــشلا ةــغللا رادــصإ وأ توــ. II(2), 197–216.
Wulandari, N. (2020). Analisis kesalahan fonologis dalam.... | 73. Al-Fathin, 3(1).