PENGARUH STRATEGI METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ TERHADAP KARAKTER DAN HAFALAN SANTRI AL-AZHAR JOMBANG

Main Article Content

Abd. Kholid Ahmad Habibullah Lailatul Fitriyah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh strategi dan metode pembelajaran terhadap karakter dan hafalan santri di Pondok Pesantren Al-Azhar Jombang. Model penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bersifat deskriptif, dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini adalah (1) metode dan strategi pembelajaran yang di gunakan santri dalam pelaksanaan menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Azhar Jombang (2) pengaruh strategi pembelajaran terhadap karakter santri dalam kehidupan sehari-hari (3) keefektifan strategi pembelajaran terhadap hafalan santri dalam menghafal Al-Qur’an di Pondok Pesantren Al-Ahzar Jombang.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Kholid, A. Habibullah, and L. Fitriyah, “PENGARUH STRATEGI METODE PEMBELAJARAN TAHFIDZ TERHADAP KARAKTER DAN HAFALAN SANTRI AL-AZHAR JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 213-217, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

An-nahdliyah, K., Kasus, S., Universitas, D., Wahab, K. H. A., Nisausy, D., Putri, S., & Khoirur, M. (2021). Educatio and Management Studies Implementasi Nilai-Nilai Ahlus sunnah Wal Jama ’ ah dalam Membentuk. Journal of Educatio n and Management Studies, 4(1).
Hidayah, N. (2016). Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an di Lembaga Pendidikan. Ta’allum: Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 63–81. https://doi.org/10.21274/taalum.2016.4.01.63-81
Khoiriyah, N. (2016). METODE MENGHAFAL AL- QUR ’ AN ( Studi Komparasi Pondok Pesantren Sabilul Huda Banyubiru dan Pondok Pesantren Nazzalal Furqon Salatiga ). 84.
Rusadi, B. E. (2018). Implementasi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an Mahasantri Pondok Pesantren Nurul Qur’an Tanggerang Selatan. Jurnal Agama dan Pendidikan Islam., 3.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D.
YUDA, D. A. U. (2013). METODE PEMBELAJARAN KELAS TAHFIDZ AL-QUR’AN DI SMA MUHAMMADIYAH 1 KLATEN. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.