IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN AN-NASHRIYAH TAMBAK BERAS JOMBANG

Main Article Content

Amrini Shofiyani Erma Muti'ah

Abstract

Penelitian ini menggunakan media pembelajaran permainan ular tangga dalm pembelajaran bahasa arab. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan oleh peneliti di Pondok Pesantren An-Nashriyah Bahrul Ulum Tambak Beras Jombang tahun ajaran 2021/2022 dan pembahasan yang telah disajikan, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penerapan media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan motivasi dan belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa arab. Berdasarkan tabel diatas dapat kita lihat hasil belajar siswa setelah adanya penerapan permainan ular tangga adalah 9 siswa (45%) masuk dalam kategori tinggi, nilai sedang 5 siswa (25%) dan nilai rendah sebanyak 6 siswa (30%). Dengan demikian sebagian besar post-test dari kelas eksperimen yang telah diterapkan  dengan menggunakan permainan ular tangga dapat dikategorikan  “tinggi” dengan 9 siswa (45%) dari hasil diatas menunjukkan penerapan media permainan ular tangga efektif dalam meningkatkan motivasi dalam belajar siswa dalam mata pelajaran bahasa arab.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Shofiyani and E. Muti’ah, “IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN BAHASA ARAB BERBASIS MEDIA ULAR TANGGA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DI PONDOK PESANTREN AN-NASHRIYAH TAMBAK BERAS JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 229-232, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Acep Hermawan, metodologi Pembelajaran Bahasa Arab2011, (Bandung:PT.Remaja Rosdakarya,),hlm.10
Wamuna, Metodologi pembelajaran Bahasa Arab Teori dan Aplikasi2011(Yogyakarta: teras,),hlm.3
Fathul Mujib dan Nailul Rahmawati, metode permainan-permainan edukatif Dalam Belajar Bahasa Arab, hlm. 25-26
Latipun. 2004 Psikologi Ekspe rimen. Malang :UMM Press. Hlm.8
Sugiyono, (2008). Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: CV. Alfabeta.