PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAPEL FIQIH BERBASIS KOMUNIKATIF

Main Article Content

Mahardian Putri Teguh Laily Amrini Shofiyani

Abstract

Pada penelitian ini hasil proses pengembangan buku ajar pembelajaran Fiqih berbasis komunikatif  pada kelas VII MTsN 10 mojoagung jombang dapat dipaparkan kesimpulan sebagai berikut : 1. Pembelajaran pada mata pelajaran Fiqih untuk peserta didik kelas VII di MTsN sebelumnya hanya menggnanakan model pembelajaran konvensional merupakan model yang paling sederhana yang sebagian besar digunakan oleh guru dan kyai dalam berdakwah. Dalam penyampain pembelajaran konvensional lebih banyak dilakukan dengan cara ceramah dan tanya jawab yang tidak memberi kesempatan terhadap peserta didik yang berkemampuan tinggi untuk mengembangkan secara cepat pengetahuan yang sudah dimiliki sebelumnya, Pengembangan Bahan Ajar dengan perolehan prosentase 87%. Ahli materi yang mengajar mata pelajaran Fiqih yang peneliti pilih sebagai ahli materi guru kelas dengan perolehan prosentase 92 % dan uji coba perorangan terhadap 5 responden dengan tingkat pencapaian 94 %. Kemudian setelah melakukan beberapa revisi produk siap untuk uji coba lapangan. 3. Ada keefektifan Bahan Ajar Mata Pelajaran Fiqih Berbasis komunikatif Pada Peserta Didik Kelas kelas VII MTsN 10 mojoagung jombang. Dengan pembelajaran komunikatif berperan dalam mengaktifkan peserta didik, memberi semangat, menyenangkan bagi peserta didik.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Laily and A. Shofiyani, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR MAPEL FIQIH BERBASIS KOMUNIKATIF”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 236-239, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Ali Mohammad Dan Asrori Mohammad 2014, Metodologi dan aplikasi riset pendidikan
(Jakarta: PT Bumi Aksara,)
Dasna, I. W. Modul: Desain dan Model Pembelajaran Inovatif dan Interaktif. UniversitasTerbuka. (online). (https://repository.ut.ac.id/4324/1/MPDR52 03-M1.pdf 2015).
Djuanda Dadan. Pembelajaran Bahasa Indonesia yang Komunikatif dan Menyenangkan 2006. (Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional,
Hamid Abdul dan Uril Baharuddi, dkk, Pembelajaran Bahasa Arab, Cet. Ke-1, ( Malang: UIN Malang Press, 2008)
Ridholloh.http://ridholloh.wordpress.com/2012/10/31/hakikat-fiqih/.html diakses tanggal 25 januari 2018.
Sugiyono. Metode Penelitian & Pengembangan 2016, Bandung: Alfabeta,
Sudijono, Anas. Pengantar Statistik Pendidikan2005, Jakarta : Raja Grafindo Persada,