ANALISIS FAKTOR PERTUMBUHAN EKONOMI YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI, PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN DI KABUPATEN JOMBANG

Main Article Content

Dwi Mei Mayangsari Wiwin Priana Muhammad Wahed

Abstract

Pertumbuhan ekonomi merupakan salah satu indikator ekonomi yang umum digunakan dalam menentukan keberhasilan pembangunan. Pertumbuhan ekonomi merupakan syarat keharusan (necessary condition) bagi pengurangan kemiskinan. Pertumbuhan ekonomi juga berdampak pada tingkat pengangguran terbuka dan Konsumsi rumah tangga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pertumbuhan ekonomi terhadap konsumsi, pengangguran dan kemiskinan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Data dalam penelitian ini menggunakan data sekunder yang dipublikasikan oleh Badan Pusat Stastistika (BPS) Indonesia Indonesia tahun 2010 sampai 2019. Teknik analisis data menggunakan analisis data time series dengan teknik analisis regresi linier sederhana. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Variabel pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap konsumsi rumah tangga (t=9,925; p value=0,000); 2) Variabel pertumbuhan ekonomi tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap tingkat pengangguran terbuka (t=0,228; p value=0,825); 3) Variabel pertumbuhan ekonomi memiliki pengaruh negatif dan signifikan terhadap angka kemiskinan (t=-6,751; p value=0,000), 4) Variabel pertumbuhan ekonomi paling berpengaruh terhadap konsumsi rumah tangga.

Article Details

How to Cite
[1]
D. Mayangsari, W. Priana, and M. Wahed, “ANALISIS FAKTOR PERTUMBUHAN EKONOMI YANG MEMPENGARUHI KONSUMSI, PENGANGGURAN DAN KEMISKINAN DI KABUPATEN JOMBANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 258-265, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Bappeda (2020) Tingkat Pengangguran Terbuka Kabupaten Jombang. Jombang: Pemerintah Daerah Kabupaten Jombang.
Bappenas (2010) Evaluasi Pelayanan Keluarga Berencana Bagi Masyarakat Miskin (Keluarga Prasejahtera/KPS dan Keluarga Sejahtera–I/KS–I). Jakarta: Direktorat Kependudukan, Pemberdayaan Perempuan, dan Perlindungan Anak Kedeputian Sumber Daya Manusia Dan Kebudayaan.
BPS (2019) PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO KABUPATEN JOMBANG MENURUT PENGELUARAN 2014 – 2018. Jombang: BPS Jombang.
BPS (2020a) Angka Pengangguran Terbuka di Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
BPS (2020b) Pertumbuhan ekonomi Indonesia. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
BPS (2020c) Rata-Rata Pengeluaran per Kapita Sebulan Menurut Kelompok Barang (rupiah), 2013-2019. Jakarta: Badan Pusat Statistik.
Mirza, D. S. (2011) ‘Pengaruh Kemiskinan, Pertumbuhan Ekonomi, dan Belanja Modal Terhadap IPM Jawa Tengah’, Jejak, Vol. 4, No. 2,.
Mishkin, F. S. (2012) Ekonomi Uang, Perbankan, dan Pasar Keuangan. Jakarta: Salemba Empat.
Priyono and Chandra, T. (2016) ESENSI EKONOMI MAKRO. Sidoarjo: Zifatama Publishing.
Siregar, H. (2012) ‘Perbaikan Struktur dan Pertumbuhan Ekonomi: Mendorong Investasi dan Menciptakan Lapangan Kerja’, Jurnal Ekonomi Politik dan Keuangan.
Sukirno, S. (2006) Teori Pengantar Mikro Ekonomi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sukirno, S. (2012) Makro Ekonomi Modern, Perkembangan Pemikiran dari Klasik Hingga Keynesian Baru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sutawijaya, A. (2010) ‘Pengaruh Ekspor dan Investasi Terhadap Petumbuhan Ekonomi Indonesia Tahun 1980-2006’, Jurnal Organisasi dan Managemen, 6.
Todaro, M. P. and Smith, S. C. (2011) Pembangunan Ekonomi ke-9. Jakarta: Erlangga.
Widiyono (2017) Metodologi Penelitian Sosial Untuk Penulisan Skripsi dan Tesis. Jakarta: IN MEDIA.
William, J. (2013) Pengantar Ekonomi Mikro. Jakarta: PT. Salemba Empat.