KONSEP PENDIDIKAN MELALUI SENI MUSIK OLEH KIAIKANJENG PADA FORUM MAIYAH
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji musik KiaiKanjeng pada forum Maiyah dalam konteks pendidikan memalui seni dengan metode penelitian fenomenologi. Fokus analisisnya adalah konsep pendidikan melalui seni musik. Jenis penelitian yang digunakan ialah penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Metode tersebut digunakan untuk mengamati subjek penelitian yaitu personil KiaiKanjeng. Sedangkan data pendukung didapat dari dokumentasi pertunjukan berupa video, artikel, audio, partitur lagu dan foto. Hasil Penelitian menunjukkan bahwa Konsep pendidikan melalui seni musik oleh KiaiKanjeng meliputi (1) Latarbelakang konsep pendidikan melalui seni KiaiKanjeng, (2) Konsep Pendidikan (3) Aktivitas pendidikan.
Article Details
References
Dahar,Ratna Wilis, 1989, Teori Belajar, Jakarta : Erlangga Press
Djohan.(2006). Terapi Musik Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Galang Press.
Farida. 2014. Kajian Kontekstual Musik KiaiKanjeng (Tesis). Sekolah Pascasarjana Universitas Gajah Mada-Yogyakarta.
Merriam, Alan P. 1964. The Anthropology of music. Chicago, Northwestern University Press
Moleong, Lexy. 2007. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Nettl, Bruno. 1964. Theory and Method in Ethnomusicology. New York: The Free Press of Glenco.
Pra Budidharma, 2001. Pengantar Komposisi dan Aransemen, Kelompok Gramedia Jakarta
Pekerti, Widia. 2008. Metode Pengembangan Seni. Universitas Terbuka Pendidikan Nasional.
Read, H. 1970. Education Through Art. London: Faber and Faber Limited.
Rohidi, T.R, 2000, Kesenian dalam Pendekatan Kebudayaan, Bandung: STSI Press.
Samsuri, Baidlowi. 1995. Unsur Seni dalam Berdakwah. Surabaya: Apolo