STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK AUTIS DI SLB AUTIS HARAPAN BUNDA SURABAYA

Main Article Content

Novebilin Veneranda Sadubun Suyatno . Diding Wahyudin Rohaedi

Abstract

Strategi komunikasi merupakan upaya yang dilakukan untuk melancarkan interaksi. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan hal tersebut. Terkhusus yang digunakan oleh guru dalam pembelajaran bahasa Indonesia untuk anak autis di Sekolah Luar Biasa Autis Harapan Bunda Surabaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Teknik penganalisian data menggunakan teknik analisis Miles & Huberman, yakni reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi komunikasi guru ialah strategi komunikasi verbal dan nonverbal. Komunikasi verbal berupa kata dan kalimat. Komunikasi nonverbal berupa ekspresi wajah, kontak mata, dan gesture. Hasil penelitian ini dapat membantu guru dan pemerhati yang ingin memahami tentang pembelajaran bahasa untuk anak autis, terkhususnya dalam strategi komunikasi.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Sadubun, S. ., and D. Rohaedi, “STRATEGI KOMUNIKASI GURU DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA UNTUK ANAK AUTIS DI SLB AUTIS HARAPAN BUNDA SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 283-287, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Alwi, H., Dardjowidjojo, S., Lapoliwa, H., Moeliono, A. M., (2003). TATA BAHASA BAKU BAHASA INDONESIA EDISI KETIGA. Jakarta : Balai Pustaka.
Brown, H. D. (2007). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. Diterjemahkan oleh : C. Noor & A.P. Yusi. Jakarta: Kedubes AS
Canale, M. (1983). From communicative competence to communicative language pedagogy. In Richards, J. C., & Schmidt, R. W. (Eds.), Language and Communication, 2-27. London: Longman.
Canale, M. A. & Swain, M., (1980). Theoretical Bases of Communicative Approaches to Second Language Teaching and Testing. Applied Linguistics, Vol. No. 1
Chaer, A. (2008). MORFOLOGI BAHASA INDONESIA (Pendekatan Proses). Jakarta : Rineka Cipta
Chaer, A. (2015). Sintaksis Bahasa Indonesia Pendekatan Proses. Jakarta : Rineka Cipta
Chaer, A. (2007). Linguistik Umum. Jakarta : Rineka Cipta
Cohen, David. (2009). Body Language (Bahasa Tubuh) Apa yang Perlu Anda Ketahui. Tangerang: KARISMA Publishing Group
Delphie Bandi, (2009). Pendidikan Anak Autis. Jawa Tengah: PT. Intan Sejati Klaten
Effendy, O. U. 2003. Ilmu, Teori, dan Filsafat Komunikasi. Bandung : Citra Aditya Bakti
Effendy, O. U. 2017. Ilmu Komunikasi : Teori dan Praktek. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Ilahi, M. T., (2013). Pendidikan Inklusif : Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta : Ar-Ruzz Media
Kasper, G. & Kellerman, E. (2014). Communication Strategies: Psycholinguistic and Sosiolinguistic Perspective. New York : Routledge
Mintowati, M. (2009). TUTURAN PENYANDANG AUTIS : KAJIAN TINDAK TUTUR, PRINSIP KOOPERATIF, DAN STRATEGI KOMUNIKASI. Disertasi/tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Surabaya.
Moleong, Lexy. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi, Bandung: Remaja Rosdakarya
Mudjito A.K. , Praptono, & Jiehad, A. 2014. Pendidikan Anak Autis. Diktat tidak dipublikasi.
Mulyana, Deddy. (2011). ILMU KOMUNIKASI Suatu Pengantar. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya
Naim, N. (2011). Dasar-Dasar Komunikasi Pendidikan. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Patterson, S.J., & Radtke, J. M. 2009. Strategies Communication for Nonprofit Organization seven steps to creating a succerrful plan. (second edition). Canada : John Wiley & Sons, Inc.
Prastowo, Andi. (2012). Metode Penelitian Kualitatif dalam Perspektif Rancangan Penelitian. Jogjakarta : Ar-Ruzz Media
Rabab’ah, Galeb. 2002. Second Language Communication Strategies: Definitions,
Taksonomies, Data Elicitation Methodology and Teachability
Issues. A Review Article. Education Resource Information Centre. (online). Diperoleh dari : https://eric.ed.gov/
Sadubun, N. (2016). Pemerolehan Kalimat Anak Autis Di SLB Negeri Kota Ambon. Skripsi/tidak dipublikasi. Universitas Pattimura
Sanjaya, Wina. (2009). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Setiadi, Indira Bagus. 2016. Teacher Talk In Teaching English for Student with Autism Spectrum Disorder (ASD). (Tesis yang tidak dipublikasi), Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Sukmadinata, N. S., (2005). Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung : Rosda Karya
Suwito. 2017. Strategi Komunikasi dalam Berbahasa Indonesia Mahasiswa Asing di Institut K.H. Abdul Chalim Pacet Mojokerto. (Tesis yang tidak dipublikasi), Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya.
Wei, Lin. 2011. Communicative Strategies in Second
Language Acquisition : A Study of Chinese English Learners’ Attitude and Reported Frequency of Communicative Strategies. D-Essay in English Didactics. Sweden : Kristianstad University. (online). Diperoleh dari : http://www.diva-portal.org/smash/get/diva2:429103/FULLTEXT01.pdf
Widjaja, A. W. (2000). Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Jakarta : Rineka Cipta