PENGEMBANGAN BUKU SISWA TEKS BIOGRAFI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X

Main Article Content

Agnes Saptawati Dongoran Maria Mintowati Tengsoe Tjahjono

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (1) mengembangkan buku siswa teks biografi model discovery learning untuk peserta didik kelas X (2) mengetahui kualitas produk buku siswa teks biografi dengan model discovery learning untuk peserta didik kelas X; (3) menguji keefektifan hasil belajar teks biografi dengan pengembangan buku siswa dengan model discovery learning untuk peserta didik kelas X. Metode yang digunakan dalam penelitian pengembangan ini adalah model 4-D (Four-D) yang diciptakan oleh Thiagarajan, yaitu devine, design, develop,dan desseninate. Model ini kemudian disederhanakan menjadi model pengembangan 3-P, yaitu pendefinisian, perancangan, dan pengembangan. Pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, metode angket dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa buku siswa teks biografi dilihat dari kualitas produk memenuhi kriteria kevalidan (materi, isi, dan kepraktisan) dengan rata-rata skor 3,73 (sangat baik). Buku siswa dinyatakan memenuhi keefektifan rata-rata nilai pre-tes adalah 57 dan pos-tes adalah 80. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa pada kelas uji coba memenuhi standar KKM. Selanjutnya hasil menulis teks biografi, rata-rata menulis teks biografi adalah 85.  Berdasarkan hasil pengisian angket secara keseluruhan rata-rata respon peserta didik terhadap buku siswa adalah 3,61 dengan kategori sangat baik. Dari data respon peserta didik terhadap pelaksanaan model discovery learning materi teks biografi diperoleh rata-rata 3.52 dengan kategori baik.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Dongoran, M. Mintowati, and T. Tjahjono, “PENGEMBANGAN BUKU SISWA TEKS BIOGRAFI DENGAN MODEL DISCOVERY LEARNING UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 295-300, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Akinbobola, A. O., & Afolabi, F. (2010). Analysis of Science process skills in West African senior secondary school certificate Physics practical examinations in Nigeria. American-Eurasian Journal of Scientific Research, 5 (2); 234-240.
Arsyad, Azhar. (2001). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.
Depdikbud. (2014). PERMENDIKBUD No.58 Th. 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Perrtama/Madrasah Tsanawiyah. [Online].
Fuad, Zulfikar. (2012). The Secret Of Biography:Rahasia Menulis Biografi Ala Ramadhan K.H. Jakarta: Akademia Permata
Kemddikbud. (2016). Bahasa Indonesia Kelas X SMA. Jakarta: Kemdikbud.
Kosasih, Engkos. (2016). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Yrama Widya.
Republik Indonesia. Permendikbud Nomor 23/2016 pasal 3 tentang penilaian hasil belajar peserta didik.
Republik Indonesia. Permendikbud Nomor 8/2016 pasal 7 ayat 1 yaitu buku teks dinyatakan layak dalam mmemuat aktivitas untuk siswa.
Suherli, dkk. 2017. Bahasa Indonesia SMA/ MA/ SMK/ MAK Kelas XI. Jakarta: Kemendikbud.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S & Semmel, M. I. 1974. Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minneapolis, Minnesota: Leadership Training Institute/Special Education, University of Minnesota.
Trianto. (2007). Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Prestasi Pustaka Publisher.
Wahono, dkk. (2013). Mahir Berbahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga\
Zabadi, Fairul dan Sutejo. (2013). Bahasa Indonesia Wahana Pengetahuan. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.