ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SELAMA SCHOOL FROM HOME (SFH) MELALUI APLIKASI E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK DI MAN KOTA SURABAYA

Main Article Content

Ajeng Damayanti, S.N Nanik Indahwati Abdul Rahman Syam Tuasikal

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui mengkaji dan menganalisis pembelajaran PJOK melalui aplikasi E-Learning Madrasah dan motivasi belajar siswa dalam meningkatkan hasil belajar siswa selama School From Home (SFH) di MAN Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan menggunakan dua variabel bebas (aplikasi E-learning dan motivasi belajar siswa) dan satu variabel terikat (hasil belajar siswa). Dalam penelitian ini mengambil sampel dari suatu populasi yang berjumlah 108 orang dengan menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian yang didapat dari besarnya pengaruh penggunaan aplikasi E-learning Madrasah dan motivasi belajar siswa terhadap setiap aspek hasil belajar PJOK yaitu 2,1% pada hasil belajar kognitif, 0,8% pada hasil belajar afektif dan 0,1% pada hasil belajar psikomotor. Hasil Penelitian ini hanya berlaku pada subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1, XI IPS 2 dan XI IPS 3 di MAN Kota Surabaya tidak dapat mewakili/menggenalisir populasi siswa kelas XI di sekolah lain. Bisa jadi dipenelitian yang lain akan ditemukan hasil penelitian yang menyebutkan bahwa penggunaan aplikasi belajar online atau daring dan tingkat motivasi belajar siswa memberikan pengaruh secara signifikan terhadap peningkatan hasil belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
A. S.N, N. Indahwati, and A. R. Tuasikal, “ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SELAMA SCHOOL FROM HOME (SFH) MELALUI APLIKASI E-LEARNING TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PJOK DI MAN KOTA SURABAYA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 316-322, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, Suharsimi, 2003.Serba Serbi Pendidikan. Jakarta. Cet. III Rineka Cipta
Arikunto, S (2013). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta. Bumiaksara.
Bahri Djamarah, Syaiful. 2002. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta. Rineka Cipta.
Bye, D., Pushkar, D., & Conway, M. (2007). Motivation, interest, and positive affect in traditional and nontraditional undergraduate students. Adult Education Quarterly. https://doi.org/10.1177/0741713606294235
Dalyono, Muhammad. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta. Rineka Cipta.
Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta : Departemen Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar Dan Menengah.
Djamarah, Syaiful,Dkk. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta.Rinekacipta.
Dimyati Dan Mudjiono. 2015. Belajar Dan Pembelajaran.
Jakarta. PT Rineka Cipta.
Johansyah, Bagus. 2021. Analisis Pembelajaran PJOK Daring Terhadap Minat, Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Selama Masa Pandemi CoronaVirus Disease (Covid-19) Di SMPN 27 Gresik. Tesis. Program S2 Pendidikan Olahraga. Pascasarjana UNESA
Junita, Reka. 2019. Analisis Minat Belajar Dan Aktivitas Belajar Melalui Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Geografi Siswa Kelas X Sma Negeri 1 Pesisir Selatan. Lampung: FKIP Bandar Lampung.
Maksum, Ali. (2018). Stastistik Dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press.
Muhammad Syaifudin Khabirur Rahman dan Tri Wijayanti. 2013. Geografi untuk
SMA/MA Kelas X. Sidoarjo. Masmedia Buana Pustaka.
Munib, Achmad dkk. 2005. Pengantar Ilmu Pendidikan. Semarang: Unnes Press.
Pascasarjana Universitas Negeri Surabaya. (2015). Pedoman Penulisan Tesis Dan Disertasi. Surabaya.
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan.
Permendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan.
Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 20 Tahun 2018 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.
Permendikbud. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 34 Tahun 2018 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Rahman, Haeriati. 2014. Analisis Minat, Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Di SMPN 1 Simboro Mamuju Sulawesi Barat. Makassar : UIN Alauddin Makassar.
Sardiman, A.M. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar..
Jakarta. Rajawali Pers
Samsudin. (2019). MODEL PROTOTYPE PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR. Journal of Chemical Information and Modeling.
Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar.
Salatiga. Bina Aksara.
Setiadi laraswati, 2017. Minat Siswa Kelas VIII Dalam Mengikuti Pembelajaran PJOK Di SMPN 2 Godean Kab. Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi. Yogyakarta.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta. Edisi Revisi; Cet. V. Rineka Cipta
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif Dan R&D. Bandung: Cet. VIII Alfabeta.
Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif Kuantitatif
dan R&D. Bandung.Alfabeta.
Suciyati, marimah. 2018. Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas V SD Negeri 04 Sila. Jurnal pendidikan MIPA.Sila.
Suwarsito. 2017. Analisis Pengaruh Minat Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Bahasa Dan Sastra.
Suparman, Ade. 2020. Pengaruh Penerimaan Teknologi Dalam Pembelajaran E-Learning. Ijd-Demos.
UU. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Keolahragaan Nasional. UU RI No. 3 Tahun 2005.
UUD. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Tentang Sistem Pendidikan. UUD No 20 Tahun 2003.
Taufiq, A. 2021. Analisis Minat Belajar Dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Pembelajaran Daring PJOK Selama Pandemi CoronaVirus Disease (COVID-19) Di MAN 1 Lamongan. Tesis. Program S2 Pendidikan Olahraga. Pascasarjana UNESA.
Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi Ketiga;Cet. 1; Jakarta. Balai Pustaka,