VIRILITAS DALAM NOVEL SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS DAN O KARYA EKA KURNIAWAN: TEORI DOMINASI MASKULIN – PIERRE BOURDIEU

Main Article Content

Muchammad Bachrul Alam Tengsoe Tjahjono Darni .

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan terkait virilitas yang dipahami sebagai kapasitas reproduktif yang bersifat seksual dan secara sosial, baik menggunakan kekerasan ataupun tidak pada novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas dan O karya Eka Kurniawan. Metode penelitian tesis ini adalah deskriptif kualitatif. Penafsiran yang digunakan dalam penelitian kualitatif berupa deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini terdiri atas sumber data primer dan sekunder. Sumber data utama atau primer yaitu novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas dan O karya Eka Kurniawan. Sedangkan Sumber data yang sekunder berupa buku-buku penunjang dalam penelitian ini, seperti Dominasi Maskulin yang ditulis oleh Pierre Bourdieu. Selain itu juga ada buku-buku penunjang lainnya untuk penelitian ini. Penulis juga mengumpulkan data dengan menggunakan teknik baca dan catat. Berdasarkan pembahasan dan hasil penelitian, maka penelitian dengan judul Virilitas dalam Novel Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas dan O Karya Eka Kurniawan: Teori Dominasi Maskulin – Pierre Bourdieu menemukan dua hal, antara lain virilitas seksual dan virilitas sosial.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Alam, T. Tjahjono, and D. ., “VIRILITAS DALAM NOVEL SEPERTI DENDAM, RINDU HARUS DIBAYAR TUNTAS DAN O KARYA EKA KURNIAWAN: TEORI DOMINASI MASKULIN – PIERRE BOURDIEU”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 331-336, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Bourdieu, Pierre. 1998. The Logic of Practice. Translated by Richard Nice. California: Stanford University Press.
Bourdieu, Pierre. 2010. Dominasi Maskulin. Yogyakarta: Jalasutra.
Christyani, Mareta Ika. 2013. Dominasi Maskulin dalam Cerpen-Cerpen Karya Gay De Maupassant. Yogyakarta: Gadjah Mada University.
Darwin, Muhadjir. 2014. MASKULINITAS; Posisi Laki-Laki dalam Masyarakat Patrisrkis. Yogyakarta: Center for Population and Policy Studies, Gadjah Mada University.
Fakih, M. (2010). Analisis Gender dan Transformasi Sosial, Cet. 4, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Haryatmoko. 2010. Dominasi Penuh Muslihat. Jakarta: Kompas Gramedia
J.Moleong, Lexy. 2014. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Edisi Revisi. PT Remaja Rosdakarya.
Kalpagam, U. 2014. “Life Experiences, Resistance and Feminist Consciusness.” Dalam Indian Journal of Gender Studies Edisi 7 hlm 167. India: Sage Publication.
Kurnia, Novi. Representasi Maskulinitas dalam Iklan. Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik. Vol 8 No.1 Juli 2004.
Kurniawan, Eka. 2014. Seperti Dendam, Rindu Harus Dibayar Tuntas. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Kurniawan, Eka. 2016. O. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Powell, Anastasia. 2015. “Amor Fati?: Gender Habitus And Young People’s Negotiation Of (Heero) Sexual Consent.” Dalam Journal of Sociology Edisi 44 hlm. 167. Australia: Sage Publication.
Ratna, Nyoman Kutha. 2010. Teori, Metode dan Teknik Penelitian Sastra, (CetakanVIII). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Rusdiarti, S. R. (2004). “Bahasa, Pertarungan Simbolik dan Kekuasaan”, dalam Majalah Basis Nomor 11-12, Nopember-Desember.
Saraswati, Dian. 2011. “Kekerasan Terhadap Tokoh Perempuan Dalam Novel Wajah Sebuah Vagina Karya Sastra Naning Pranoto: Analisis Kritik Sastra Feminis”. Yogyakarta: Gajah Mada University.
Stanton, Robert. 2012. An Introduction to Fiction. London: Holt, Rinehart and Winston, Inc.
Sulkunen, Pekka. 2010. “Society Made Visible – on the Cultural Sociology of Pierre Bourdieu” Dalam Jurnal Acta Sociologica Edisi 25 hlm. 103. Sage Publication.
Sutopo. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS
Thorton, Sharah. 1996. Club Cultures: Music, Media, and Subcultural Capital. Hannover.
Widyatama, Rendra. 2006. Bias Gender dalam Iklan Televisi. Yogyakarta: Media Pressindo.
http://media.isnet.org/kmi/iptek/100/Plato.html diakses pada 25 Februari 2020 pukul 11.05 WIB