PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI SIKLUS AIR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR

Main Article Content

Nasekhatul Markhamah Zainul Arifin Imam Supardi Elok Sudibyo

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis masalah materi siklus air yang layak ditinjau dari segi kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan, yaitu pengembangan perangkat pembelajaran. Desain penelitian ini menggunakan model 4D dengan urutan tahapan pendefinisian, perencanaan, pengembangan, dan penyebaran. Subyek penelitian ini adalah perangkat pembelajaran tersebut. Metode pengumpulan data dilakukan dengan validasi, observasi, tes, dan angket. Teknik analisis data validasi menggunakan nilai skor 1 sampai 4. Teknik analisis data observasi menggunakan rata-rata persentase dua pengamat. Teknik analisis data tes menggunakan kriteria N-Gain. Sedangkan teknik analisis data angket menggunakan kriteria setuju atau tidak setuju.  Hasil penelitian menunjukkan validasi perangkat pembelajaran terkategori valid. Kepraktisan perangkat ditinjau dari keterlaksanaan RPP memiliki kategori sangat baik; aktivitas siswa sesuai dengan kegiatan guru; dan hambatan selama pembelajaran dapat teratasi. Keefektifan perangkat ditunjukkan dengan hasil tes keterampilkan berpikir kritis siswa meningkat dengan nilai N-Gain tergolong sedang dan respon siswa yang sangat tertarik dan berminat untuk mengikuti pembelajaran serupa pada kemudian hari. Berdasarkan hasil analisis data di atas, dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran yang dikembangkan layak digunakan untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis pada siswa sekolah dasar.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Markhamah, Z. A. Supardi, and E. Sudibyo, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH MATERI SIKLUS AIR UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 343-347, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Alawiyah, Maulidyah. (2017). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA dengan model pembelajaran berbasis masalah untuk melatihkan literasi sains siswa MTs.
Alikodra, H. S & Syaukani HR. (2019). Global Warming: Banjir dan Tragedi Pembalakan Hutan. Bandung: Nuansa Cendekia
Arends, I. Richard. (2013). Belajar Untuk Mengajar: Edisi 9 Buku 2. Terj. Made Frida Yulia. Jakarta: Salemba Humanika
Daryanto & Karim, Syaiful. (2017). Pembelajaran abad 21. Yogyakarta: Gava Media
Eggen, P.D. dan Kauchak, D.P. (2012). Strategi dan model pembelajaran edisi keenam. Jakarta: PT. Indeks.
Ennis, Robert H. (1996). Critical Thinking. New Jersey: Prentice Hall, Inc.
Facione, Peter A. (2015). Critical Thinking: What It Is and Why It Counts. Diunduh dari https://www.researchgate.net/publication/251303244
Hake, Richard R. (1999). Analyzing Change/Gain Score. USA: Indiana University
Ibrahim, Muslimin. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran. Surabaya: Departemen Pendidikan Nasional
Kemendikbud. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia
Nafiah, Yunin Nurun. (2014). Penerapan Model Problem-Based Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 4(1), 125-143
Presiden Republik Indonesia. (2003). Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta
Reza, Muhammad. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran IPA berorientasi model pembelajaran berdasarkan masalah untuk melatihkan pemahaman konsep dan keterampilan berpikir kritis siswa di sekolah dasar
Santrock. (2017). Psikologi Pendidikan.Tri Wibowo BS (Terj.). Jakarta: Kencana
Suaidinmath. (2013). Model Pembelajaran Problem Based Learning. https://suaidinmath.wordpress.com/2013/03/02/model-pembelajaran-problem-based-learning. Diunduh 26 Juni 2019 pukul 22.40
Trilling, B. & Fadel, C. (2009). 21st century skills: Learning for life in our times. Psycnet. Diunduh dari https://psycnet.apa.org/record/2009-18745-000