PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAYA RAMBUT PENDEK BERBASIS KOMPETENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR

Main Article Content

Sri Sumaryana Atiqoh . Djoko Adi Waluyo Moh Rizal Fauzi Admojo

Abstract

Pendidikan kejuruan adalah pendidikan jenjang Sekolah menengah mengutamakan kemampuan siswa untuk melaksanakan jenis pekerjaan tertentu memiliki karakteristik sebagai pendidikan vokasi pelajaran. program keahlian Tata Kecantikan yaitu Pemangkasan rambut pria dengan teknik barber. Mengingat 100% perempuan mata pelajaran pemangkasan pria sangatlah membutuhkan ketrampilan khusus. Model pengembangan adalah Dick&Ceray, langkah-langkah yaitu identifikasi tujuan, analisis intruksional, analisis/tujuan, instrumen, evaluasi/sumatif. Uji kelayakan ahliisi  94%,ahlimedia 92%/teman sejawat 96% Jenis data kuantitaif/kualitatif. Uji coba produk Buku ajar dilakukan kepada 30 siswi. Evaluasi dilakukan one-to-one evaluation,small grup evaluation/field tet.Didapat skor perorangan 94%, siswa kelompok kecil 95%, kelompok besar 96 %, bahan ajar/buku layak digunakan catatan gambar model pangkas rambut pria jelas dan menarik perhatian, jenis tulisan/bahasa mudah dimengerti, Pengetikan besar kecilnya huruf sesuai, gambar model jelas/menarik. Nilai evaluasi mengalami peningkatan, siswa mudah melakukan praktis dengan prosedur kerja jelas/rinci, sehingga mempermudah siswa memahami materi pemangkasan rambut pria dengan teknik barber memerlukan praktik langsung pada model. Dilakukan uji pretest untuk mengetahui kemampuan siswa mempelajari buku ajar. Didapat pretest 12 siswa mendapatkan nilai dibawah KKM dan setelah melaksanakan posttest mendapatkan kenaikan nilai siknifikan. Berdasarkan hasil dinyatakan “Sangat layak” digunakan dikelas XII program keahlian Tata Kecantikan di SMKN 2 Ponorogo sebagai media pembelajaran buku pendamping guru tata Kecantikan.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sumaryana, A. ., D. Waluyo, and M. R. Admojo, “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR GAYA RAMBUT PENDEK BERBASIS KOMPETENSI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 537-542, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Alfabeta Aksoy, G. (2012). The Effects of Animation Technique on the 7th Grade Science and Technology Course. Journal of Scientific Research. Vol.3, No.3, 304-308. Tahun 2012. Accessed from www.scirp.org/journal/msa pada tanggal 10 Agustus 2012.
Azhar Arsyad. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.
Bartel, S. J., Toews, K., Gronhovd, L., & Prime, S. L. (2018). “Do I Know You?” Altering hairstyle affects facial recognition. Visual Cognition, 26(3), 149-155.
Daryanto. (2015). Inovasi Pembelajaran Efektif. Bandung: CV. Yrama Widia
Dimyati dan Mudjiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan SMK, (2006) Penyelenggaraan Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Dwiningrum, Astuti I.S, (2013) Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Essel, O. Q. Conflicting Tensions in Decolonising Proscribed Afrocentric Hair Beauty Culture Standards in Ghanaian Senior High Schools.
Hamzah B Uno. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis Dalam Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Ishii, M., & Itoh, T. (2020, June). Viewpoint Selection for Sketch-based Hairstyle Modeling. In 2020 Nicograph International (NicoInt) (pp. 82-85). IEEE.
James Belanlanca. (2011). Stategi dan proyek Pembelajaran Aktif. Jakarta: PT Indek.
Khakim, A. L. (2021). HAIRSTYLE CREATION: PROSES INOVASI HAIRCUT BARBERSHOP (Studi Kasus Barbershop Jombang) (Doctoral dissertation, STIE PGRI Dewantara).
Khoirawati A. (2012). Buku Ajar 1. Accessed from https://khoirawatidempo.wordpress.com/2012/03/13/tentang-buku-ajar/
Kompasiana.com (2017) Hasil Belajar Adalah Perubahan Perilaku Peserta Didik Baik Berupa Kognitif, Apektif dan Psikomotor. Accessed from .https://www.kompasiana.com/rasyaica/5a2fc1c9dd0fa816ed5cabe2/hasil-belajar
Tony Grice. (2002). Bulutangkis. Jakarta: Raja Grafindo Persada. Accessed from https://eprints.uny.ac.id/9377/3/bab%202%20-05504244026.pdf
Kurniawan Delmy. 2020. Model Potongan Rambut 2020 rapi simple. Accessed from: https://threelol.com/download/model-potongan-rambut-2020-rapisimple.html
Mitchell, R. W. (2021). High and Tight, Please: Self-explanations for Experiencing Short Haircuts as Erotic. Sexuality & Culture, 1-31.
Nurdhati, R. W., & Megasari, D. S. KAJIAN PERANAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING TERHADAP PENGUASAAN KEMAMPUAN PEMANGKASAN RAMBUT DENGAN TEKNIK BABER.
Park, K. W. (2021). A Study on the Hair Style Design in North Korea. Journal of Convergence for Information Technology, 11(5), 259-266.
Pun, R., & Lau, J. (2017). Hair and Hairstyles as Metaphors for Librarians.
Robinson, J. C. (2019). Haircut. The Carolina Quarterly, 68(2), 58-211.
Rostamailis. 2009. Tata Kecantikan Rambut Jilid 3. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional
Sugeng. 2019. Model Rambut Dan Gaya Rambut Terbaru. Accessed from: www.modeldangayarambutku.com
Sulistyorini, D. E. W., & Susilowati, A. (2021). Kecantikan Dasar SMK/MAK Kelas X: Bidang Keahlian Pariwisata, Program Keahlian Tata Kecantikan, Kompetensi Keahlian Tata Kecantikan Kulit dan Rambut. Penerbit Andi.
Utomo Dananjaya. (2010). Media Pembelajaran Aktif. Bandung: Nuansa Cendekia
Vanakittistien, N., Sudsang, A., & Chentanez, N. (2019). Game‐ready 3D hair model from a small set of images. Computer Animation and Virtual Worlds, 30(2), e1855.
Wediawati, T., & Rahmayani, E. F. (2021). Implementasi Lean Canvas Pada Startup Dalam Menghadapi Persaingan Bisnis Barbershop. Jurnal Manajemen Bisnis, 18(1), 108-118.
Witari Intan. 2019. Job Sheet Pangkas Pria. Diakases dari: https://id.scribd.com/document/423289191/job-sheet-pangkas-pria
Yogi, P., Mery, T., & Irda, I. (2021). PENGARUH KUALITAS PELAYANAN LOKASI DAN HARGA TERHADAP KEEPUASAN PELANGGAN HOME BARBERSHOP DI KOTA PADANG (Doctoral dissertation, Universitas Bung Hatta).
Zainal Arifin. (2011). Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdaka.