PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK PADA MAPEL QUR'AN HADIST DI MTS AL-HIKMAH

Main Article Content

Amrini Shofiyani Nurul Ilma Hidayati

Abstract

Penelitian ini membahas perihal peyusunan dan pengembangan bahan ajar Al-Qur'an Hadist  berbasis humanistik sebagai upaya deradikalisasi agama. Penelitian ini menggunakan desain pengembangan yang dikenalkan dirancang oleh Dick & Carey (2001)melalui serangkaian tahap pengembangan yang sistematis yakni tahap Identifying Intructional Goal, tahap Conducting Intructional Analysis, tahap Identifying Entry Behaviors Characteristics, tahap Writing Performance Objectives, tahap Developing Criterian-Referenced Test, tahap Developing Intructional Strategy, tahap Developing and Selecting Intruction, tahap Designing and Conducting Formative Evaluation, tahap Revising Intruction, dan tahap Designing and Conducting Summative Evaluation. Hasil pre-test kelas VIII-A menunjukkan rata-rata 67,5 sedangkan hasil post-test menunjukkan rata-rata 83,3. Data nilai pre-test dan post-test selanjutnya dianalisis melalui uji-t dari hasil nilai post teks menunjukkan pengembangan buku ajar berbasis humanistic sangat efektif di terapakn di MTS Al-Hikmah Jombang.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Shofiyani and N. Hidayati, “PENGEMBANGAN BUKU AJAR BERBASIS PENDEKATAN HUMANISTIK PADA MAPEL QUR’AN HADIST DI MTS AL-HIKMAH”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 375-380, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Ayyubi, Faizal, Universitas Islam, and Negeri Sunan. “PENGEMBANGAN BAHAN AJAR AL-QUR ’ AN HADIS BERBASIS ANTIKORUPSI DI SURABAYA” (2017).
Gürbilek, Nurdan. “Definisi Pengembangan.” Journal of Chemical Information and Modeling 53, no. 9 (2015): 1689–1699.
Mutiasari, Selina Ros. Implementasi Pendekatan Humanistik Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Di Smp Negeri 4 Purwokerto, 2020.
Pembelajaranips, Desain, M I Berbasis, Humanistik Untuk, Membentuk Kepribadian, and Unggul Peserta. Dr. Yulia Tri Samiha, M.Pd., n.d.
Perni, Ni Nyoman. “Penerapan Teori Belajar Humanistik Dalam Pembelajaran.” Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar 3, no. 2 (2019): 105.
Sanusi, Uci. “PEMBELAJARAN DENGAN PENDEKATAN HUMANISTIK (Penelitian Pada MTs Negeri Model Cigugur Kuningan).” Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim 11, no. 2 (2013): 123–142. www.PendidikanNetwork.co.
Studi, Program, Pendidikan Agama, Jurusan Pendidikan, Agama Islam, Fakultas Ilmu, Tarbiyah Dan, Universitas Islam, Negeri Maulana, and Malik Ibrahim. “PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Di SMAN 1 KOTA PROBOLINGGO Oleh : Andriansyah Qodir PENDEKATAN HUMANISTIK DALAM PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM Di Oleh : Andriansyah Qodir” (2015).
Zam-zam, Vina Ainuz. “Pengembangan Bahan Ajar Fisika Berbasis Kearifan Lokal Untuk Siswa Kelas VIII SMP/MTS Pada Materi Usaha Dan Energi, Tekanan, Dan Cahaya” (2016): 8.