EDUKASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN ANTIKORUPSI PADA ANAK SEJAK DINI

Main Article Content

Martha Megawati Pasaribu Fredik Melkias Boiliu

Abstract

Pemberantasan korupsi di Indonesia bukan hanya tanggungjawab pemerintah saja.Pendidikan agama Kristen juga memeliki tantangan dan tanggungjawab untuk mengatasi masalah korupsi yang sedang berkembang secara masif dan sistematis di Indonesia.Edukasi pendidikan agama Kristen sejak dini pada anak sangat penting untuk memberikan pemahaman dan menanamkan nilai-nilai Kristen yang dapat membentuk mereka menjadi pribadi-pribadi yang jujur, bertanggung jawab, disiplin dan tidak serakah.Artikel ini bertujuan untuk mengukuhkan bagaimana edukasi pendidikan agama Kristen antikorupsi diterapkan pada anak sejak dini di lingkungan keluarga gereja dan sekolah.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan studi kepustakaan, dilakukan dengan mengumpulkan data yang relevan dengan topik atau permasalahan dalam penelitian ini. Hasil dari penelitian ini akan mengulas tentang korupsi problematika korupsi, korupsi dalam perspektif Alkitab, korupsi dalam perspektif pendidikan agama Kristen, edukasi antikorupsi di lingkungan keluarga, gereja dan sekolah.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Pasaribu and F. Boiliu, “EDUKASI PENDIDIKAN AGAMA KRISTEN ANTIKORUPSI PADA ANAK SEJAK DINI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 540-546, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Arsyad, J. H. (2017). Korupsi dalam Perspektif HAN. Jakarta: Sinar Grafika.
Ayomi, H. V. (2021). Gereja Dan Korupsi: Analisis Isi Khotbah (Content Analisys) Terkait Praktek Korupsi Di Papua. Integritas: Jurnal Antikorupsi, 7(1), 197–216.
Boiliu, Fredik M, Harefa, D., S, D. L., Lahagu, A., & Sinaga, S. (2021). Kajian Penyalahgunaan Narkoba dalam Perspektif Pendidikan Agama Kristen. ETNOREFLIKA: Jurnal Sosial Budaya, 10(2), 243–256.
Boiliu, Fredik Melkias. (2020). Pembelajaran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga Di Era Digital. Te Deum: Junal Teologi Dan Pengembangan Pelayanan, 10(1), 107–119.
Budiyana, H. (2011). Dasar-Dasar Pendidikan Agama Kristen. Solo: Berita Hidup Seminary.
Fredik Melkias Boiliu, M. M. P. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen Di Gereja Terhadap Pemberdayaan Ekonomi Kreatif Jemaat Di Era Digital. Junal Pengabdian Tribakti, 2(1), 118–132.
Fredik Melkias Boiliu, M. P. (2020). Peran Pendidikan Agama Kristen dalam Keluarga di Era Digital terhadap Pembentukan Spiritualitas dan Moralitas Anak. Imanuel, 1(2), 76–91.
Groome, T. H. (2010). Christian Religious Education-Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK-Gunung Mulia.
Hadin, A. F., & Fahlevi, R. (2016). Deasin Bahan Ajar Pendidikan KewargaNegaraan Bebas Pendidikan Antikorupsi di Perguruan Tinggi. Jurnal Moral Kemasyarakatan, 1(2), 162–172.
Harianto GP. (2012). Pendidikan Agama Kristen dalam Alkitab & Dunia Pendidikan Masa Kini. Yoyakarta: ANDY.
Hetharia, H. H. (2012). Korupsi dalam Perspektif Etika Kristen. Tifa Teologi, Jurnal Program Pasca Sarjana Teologi Universitas Kristen Indonesia Maluku, 2(2), 5–12.
Homrighausen. (2012). Pendidikan Agama Kristen. Jakarta: BPK-Gunung Mulia.
Iwan, H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan Mixed Methode. Kuningan: Hidayatul Quran Kuningan.
Kadir, Y. (2018). Kebijakan Antikorupsi di Perguruan Tinggi. Gorontalo Law Review, 2(1), 25–38.
Karundeng, C. T. (2015). Pentingnya Sumbangsih Etika (Kristen). Dalam Menanggapi Persoalan Korupsi di Indonesia, dala Etika dan Religiusitas Anti Korupsi, Editor Nina Meriani Noor. Geneva: Globethic. Net. International.
Montessori, M. (2021). Pendidikan Antikorupsi sebagai Pendidikan Karakter di Sekolah. PDF, 25(07).
Muwardi, E. S., & Mushon, A. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Efikasi Diri Dan Prestasi Belajar Ekonomi Terhadap Perlaku Antikorupsi. Palar: Pakuan Law Review, 6(2), 123–146.
Nur, S. M. (2021). Penerapan Pendidikan Antikorupsi pada Siswa Sekolah. Eduscince: Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(1), 111–115.
Pakpahan, A. K., & Albert Triwibowo. (2013). Pemberantasan Korupsi Dan Kemauan Politik Di Indonesia. Jurnal Pertahanan, 13(1), 17–25.
Perdana, D. R., Adha, M. M., & Ardiansyah, N. (2021). Model Dan Strategi Penamaan Nilai-Nilai Anti Korupsi Di Sekolah Dasar. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan PKN, 8(2), 21–31.
Rahayu, Y. (2019). Implemantasi Pendidikan Antikorupsi untuk Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 19(2), 98–104.
Rahmana, A. F., & Rahayu, S. P. (2013). Analisis Pola Hubungan Kerugian Negara Akibat Korupsi dengan Demografi Koruptor di Jawa Timur. Jurnal Sains Dan Seni Pomits, 2(2), 305–310.
Rantung, D. A. (2020). Keluarga sebagai Lingkungan Edukasi Antikorupsi. Jakarta: UKI Press.
Rifai. (2018). Mengajarkan Sikap Antikorupsi Sejak Dini Melalui Refleksi Keluaran 23:1-13. KURIOS: Jurnal Teologi Pendidikan Agama Kristen, 4(1), 1–13.
Sakinah, N., & Baktiar, N. (2019). Model Pendidikan Antikorupsi Di Sekolah Dasar Dalam Mewujudkan Generasi Yang Bersih Dan Berintegritas Sejak Dini. Journal of Primary Education, 2(1), 39–49.
Salama, N. (2010). Fenomena Korupsi Indonesia (Kajian Mengenai Motif dan Proses Terjadinya Korupsi),. Semarang,: Pusat Penelitian IAIN Walisongo.
Simangunsong, B. (2018). Gereja Melawan Korupsi: Konstruksi Nilai-Nilai Spiritual Antikorupsi dalam Konteks Masyarakat Batak. Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristen Kontekstual, 1(2), 204–219.
Sobirin, M. (2014). Model Penanaman Nilai Antikorupsi di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 107–117.
Sulistio, P. H., & Wardani, E. (2020). Nilai Anti Korupsi Pada Buku Teks Pelajaran Bahasa Inggris Kelas Xii Sekolah Menengah Atas. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers”Pengembangan Sumber Daya Perdesaan Dan Kearifan Lokal Berkelanjutan X, 327–332.
Sulistyawati, S., Purba, N., Mulyono, H., & Sinaga, G. (2017). Pembudayaan Pendidikan Antikorupsi dalam Lingkungan Keluarga Berbasis Pendidikan Karakter. Amaliayah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 25–30.
Supandi, A., & Vernia, D. M. (2015). Peran Pendidikan Anti Korupsi Dalam Rangka Mewujudkan Pembangunan Nasional Yang Bersih Dari Korupsi. Research and Development Journal Of Education, 1(2), 30–37.
Suryanto, S. (2016). Dongeng sebagai Pendidikan Antikorupsi pada Anak Usia Dini. Jurnal Ilmiah Pendidikan Prasekolah Dan Sekolah Awal, 1(1), 54–68.
Uswantu, S. (2018). Usanah Kebijakan Perguruan Tinggi dalam Menerapkan Pendidikan Antikorupsi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 2(1), 1–13.
Utami, M. N., Hasanah, U., & Tarma. (2016). Pengaruh Pendidikan Karakter Antikorupsi dalam Keluarga terhadap Karakter Antikorupsi pada Remaja. Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan, 3(1), 7–11.
Wibowo, E. A., & Kristanto, H. (2017). Korupsi dalam Pelayanan Gereja: Analisi Potensi Penyimpangan dan Pengendalian Internal. Integritas, 3(2), 105–136.
Widhiyaastuti, I. G. A. A. D., & Ariawan, I. G. K. (2018). Meningkatkan Kesadaran Generasi Muda Untuk Berperilaku Anti Koruptif Melalui Pendidikan Anti Korupsi. Jurnal Ilmiah Prodi Magister Kenotariatan, 17–25.
Widyastono, H. (2013). Strategi Implementasi Pendidikan Anti Korupsi Di Sekolah. Jurnal Teknodik, 17(2), 194–208.
Wutsqha, U. (2019). Pendidikan Antikorupsi dalam Kurikulum Pendidikan di Indonesia. Jurnal Inovasi Pendidikan MH Tamrin, 3(2), 30–39.