EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMAN 9 PANDEGLANG

Main Article Content

Erni . Sopyan Sauri

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas model pembelajaran problem based learning dalam pembelajaran daring pada masa pandemic Covid 19. Penelitian ini di lakukan di SMAN 9 Pandeglang dari bulan April s.d Mei 2021. Pertanyaan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Apakah pembelajaran daring/online sulit bagi anda. (2) Aplikasi apa yang paling anda sukai dalam pembelajaran daring. (3) Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning membuat anda berfikir kritis untuk mencari solusinya. (4) Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning membuat anda aktif dalam belajar. (5) Apakah penggunaan model pembelajaran problem based learning dalam daring menjadikan anda mampu menyelesaikan masalah secara mandiri. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini dengan menggunakan instrumen angket. Angket disusun menggunakan google form. Responden penelitian berjumlah 49 siswa yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan sebanyak 79.6% yang menyatakan pembelajaran daring sulit dan sangat sulit di laksanakan. Kemudian terdapat 75.5% yang memilih aplikasi Whatsapp Group adalah aplikasi yang paling disukai dalam pembelajaran daring. Selain itu terdapat 61.2% siswa setuju dan sangat setuju bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan model problem based learning dapat merangsang siswa berfikir kritis dan mencari solusinya. Terdapat 42% siswa yang menyatakan setuju penggunaan model problem based learning membuat anda aktif dalam belajar. Dan terdapat 53.1% siswa yang menyatakan setuju bahwa pembelajaran daring dengan menggunakan model pembelajaran problem based learning menjadikan siswa mampu memcahkan masalah secara mandiri

Article Details

How to Cite
[1]
E. . and S. Sauri, “EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DALAM PEMBELAJARAN DARING PADA MASA PANDEMI COVID 19 DI SMAN 9 PANDEGLANG”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 566-572, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Ariyana, Yoki dkk. 2018. Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Faturrohman. 2015. Model-model Pembelajaran Inovatif. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Istiana, 2019. Penerapan Model Problem Based Learning Menggunakan Simulasi Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Usaha Dan Energi Pada Siswa Kelas X IPA MAN Nagekeo Tahun Pelajaran 2018/2019. Jurnal Ilmiah Mandala Education Vol. 5. No. 1. April 2019 p-ISSN: 2442-9511 e-ISSN: 2656-5862
Isjoni. 2011. Pembelajaran Kooperatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kemdikbud. (2020, Maret 17). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Retrieved from Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan: https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2020/03/se-mendikbud-pembelajaran-secara daring-dan-bekerja-dari-rumah-untuk-mencegah-penyebaran-covid19.
Nasution, Nurlian. Rizwaldi jalius dan Syahril. 2019. Buku Model Blended Learning. Pekanbaru: Unilak Pres.
Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sagala, Syaiful. 2010. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: CV. Alfabeta
Sauri, Sopyan. 2018. Pengaruh Model Pembelajaran Examples Non Examples terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Bojong, Pandeglang. Jurnal Artikula. Volume 1 Nomor 1 Tahun 2018.
Shoimin, A. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Sanjaya, W. 2014. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan.Bandung: Kencana Prenada Media.
Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: PT Putra Grafika