PEGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 TANTOM ANGKOLA

Main Article Content

Rahmad Fauzi Hanifah Nur Nasution

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan media adobe flash cs6 terhadap hasil belajar siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tantom Angkola. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan jumlah populasi 68 siswa dan sampel 34 siswa dan diambil dengan menggunakan teknik sampel random. Berdasarkan analisis deskriptif diperoleh nilai rata-rata media adobe flash cs6 adalah 4,1 (kategori baik). Artinya peneliti sudah menggunakan media adobe flash cs6 sesuai dengan langkah-langkah penggunaan media adobe flash cs6. Dan nilai rata-rata pretes dan posstes 54,71 (katagori kurang). Artinya nilai yang dicapai siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tantom Angkola sebelum menggunakan media adobe flash Cs6 masih belum mencapai KKM yang berlaku di sekolah serta siswa belum mampu menyelesaikan soal-soal benar dan baik. Postes 80,00 (kategori sangat baik).Artinya nilai yang dicapai siswa pada mata pelajaran komputer dan jaringan dasar siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tantom Angkola sesudah menggunakan media adobe flash cs6 sangat baik.Selanjutnya berdasarkan hasil uji t ditetapkan bahwa ttabel lebih kecil dari thitung (1.692<10,431). Artinya, ada pengaruh penggunaan antara media adobe flash cs6 terhadap hasil belajar siswa di kelas X TKJ SMK Negeri 1 Tantom Angkola.

Article Details

How to Cite
[1]
R. Fauzi and H. Nasution, “PEGGUNAAN MEDIA ADOBE FLASH TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA SMKN 1 TANTOM ANGKOLA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 426-430, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto (2009). Manajemen Penelitian.PT RINEKA CIPTA.Jakarta
Sugiyono (2016). Metode Penelitian Kombinasi.Alfabeta. Bandung
Burhan (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Kencana Prenadamedia Group
Sugiyono (2014). Metode Penelitian Administrasi. Alfabeta. Bandung