MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUNDA (Analisis Makna Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh)

Main Article Content

Tjeppy .

Abstract

Perkembangan ilmu dan pendidikan membawa pengaruh yang sangat pesat pada sebuah kebudayaan di suatu daerah, seperti hal nya yang terjadi pada sebuah kebudayaan daerah suku sunda yang membangun sebuah citra budaya melalui sebuah pemahaman metode pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif serta analisis triangulasi data, hasil penelitian menjelaskan bahwa kearifan lokal budaya sunda merupakan sebuah pemahaman dan implementasi kehidupan masyarakat suku sunda yang masih memegang tradisi serta nilai-nilai budaya nya melalui program pendidikan yang berbasis pada penekanan karakter peserta didik untuk dapat lebih memahami filosofis dan makna yang terkandung pada kehidupan masyarakat sunda, selanjutnya pencegahan secara preventif agar nilai-nilaikearifan lokal tetap terjaga dan tidak tergerus oleh era globalisasi maka perlu adanya peningkatan pemahaman di antara peserta didik agar mampu melestarikan setiap kebudayaan yang ada.

Article Details

How to Cite
[1]
T. ., “MANAJEMEN PENDIDIKAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL BUDAYA SUNDA (Analisis Makna Silih Asah, Silih Asih dan Silih Asuh)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 439-445, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Affandy, Sulpi. (2017). “Penanaman Nilai-nilai Kearifan Lokal dalam Meningkatkan Perilaku Keberagamaan Peserta Didik” dalam Atthulab, Vol.II, No.2, hlm.192-207.
Ansory, Nasruddin. (2008). Kearifan Lingkungan dalam Perspektif Budaya Jawa. Jakarta: Penerbit YOI [Yayasan Obor Indonesia].
Apriyanto, Y. dkk. (2008). “Kearifan Lokal dalam Mewujudkan Pengelolaan Sumberdaya Air yang Berkelanjutan”. Makalah Pada PKM IPB, Bogor.
Camalia, Navila. (2018). “Keluarga dan Nilai Tradisi Budaya Sunda: Studi Deskriptif Keluarga Sunda di Kampung Genteng, RT 002/ RW 002, Kota Sukabumi”. Skripsi Sarjana Tidak Diterbitkan. Jakarta: Jurusan Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Choirunisa, Kulsum & Mirna Nur Alia. (2016). “Implementasi Program Rebo Nyunda dalam Menumbuhkan Pendidikan Kearifan Lokal Siswa” dalam EDUTECH, Vol.15, No.2 [Juni], hlm.155-169.
Galba, A. (2007). Kesenian Tradisional Masyarakat Cianjur. Cianjur: t.p. [tanpa penerbit
Hermawan, Iwan. (2012). “Kearifan Lokal Sunda dalam Pendidikan” dalam Widyariset, Vol.15, No.1 [April], hlm.29-38.
Kemendikbud. 2016a. Desain IndukGerakan Literasi Sekolah. Jakarta: Dirjen Dikdasmen Kemendikbud.
Maharani, Pisca. (2015). “Budaya Sunda”. Tersedia secara online di: https://piscamaharani.wordpress.com/2015/10/30/budaya-sunda/ [diakses di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia: 13 Mei 2018].
Maulida, H. (2020). KREDIBILITAS KOMUNIKATOR JURUS SEHAT RASULULLAH DI KALANGAN FOLLOWERS INSTAGRAM@ ZAIDULAKBAR. Jurnal Dakwah Risalah, 31(1), 1-20.
Maulida, H. (2020). PERILAKU KOMUNIKASI DI SEKOLAH RAMAH ANAK KOTA MAGELANG. Sosio Informa, 6(3), 239-251.
Maulida, H., & Nugrahenti, M. C. Edukasi Hukum Dan Etika Bermedia Sosial Bagi Gen Z. Amal Ilmiah: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 115-122.
Nulhaqim, S. A., & Sulastri, S. (2019). Analisis Faktor Eksternal Dan Faktor Internal Organisasi Pelayanan Sosial Relawan Muda Riau. JISPO Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 9(1), 155-170.
Nurwati, N., & Mulyana, N. (2021). RESILIENSI KELUARGA SINGLE PARENT DENGAN ANAK SKIZOFRENIA. MEDIA BINA ILMIAH, 14(8), 3061-3064.
Poluakan, M. V., Dikayuana, D., Wibowo, H., & Raharjo, S. T. (2019). Potret Generasi Milenial pada Era Revolusi Industri 4.0. Focus: Jurnal Pekerjaan Sosial, 2(2), 187-197.
Prawira, W., & Yogie, R. (2018). MARKETING COMMUNICATION ON THE ENVIRONMENT PROTECTION ON ANNUAL HAZE SMOKE IN RIAU PROVINCE (No. 7208579). International Institute of Social and Economic Sciences.
Purwanti, Metty Indah & Sapriya. (2017). “Implementasi Nilai-nilai Kearifan Lokal Sunda dalam Pembelajaran PKn sebagai Penguat Karakter Siswa: Studi Kasus di SMP Negeri 3 Purwakarta” dalam JPIS: Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, Vol.26, No.1 [Juni], hlm.39-52.
Rusyana, Y. dkk. 1989. Pandangan Hidup Orang Sunda : seperti Tercermin dalam Kehidupan Masyarakat Dewasa ini (Tahap II). Bandung: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Sejarah dan Nilai Tradisonal. Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Nusantara bagian Proyek Penelitian dan Pengkajian Kebudayaan Sunda
Sidiq, R. S. S., & Jalil, A. (2021). Virtual World Solidarity: How Social Solidarity is Built on the Crowdfunding Platform Kitabisa. com. Webology, 18(1).
Wahya. (2013). “Perencanaan Bahasa Sunda ke Depan untuk Mendukung Bahasa Sunda sebagai Media Transformasi Budaya Sunda”. Tersedia secara online di: http://pustaka.unpad.ac.id/wpcontent/uploads/2013/12/Pustaka_Unpad_Perencanaan_-Bahasa_-Sunda.pdf.pdf [diakses di Cianjur, Jawa Barat, Indonesia: 20 Mei 2018].