KEMAMPUAN BERCERITA SISWA USIA 7-8TAHUNMELALUI MEDIA GAMBAR DISDN BANCARAN 3BANGKALAN :KAJIAN NEUROPSIKOLINGUISTIK

Main Article Content

Arif Rachmawan Hendratno . Suhartono .

Abstract

Penelitian ini menghasilkan deskripsi tentang paparan berupa tuturan siswa SDN Bancaran 3 dengan rentang usia 7-8 tahun berdasarkan aspek keterampilan bercerita yang dilakukan. Meliputi kemampuan representasi, verbalisasi, dan vokalisasi bercerita siswa dengan menggunakan media gambar yang didasarkan oleh kajian neuropsikolingusitik. Berdasarkan deskripsi hasil pengamatan peneliti,terdapat pengkategorian terhadap kemampuan siswa dalam bercerita. Kemampuan bercerita baik, sedang, dan perlu mendapatkan perhatian khusus. Untuk siswa yang perlu mendapatkan perhatian khusus yakni siswa AN dengan dugaan gangguan speech delay, siswa AW memiliki dugaan gangguan autisme, untuk siswa ME serta YH memiliki dugaan gangguan dixlexia. Perlu adanya komunikasi yang lebih intens antara guru dan orang tua siswa, untuk menemukan solusi yang cocok agar siswa tersebut dapat meningkat kemampuan belajar dan berfikirnya terutama dalam hal bercerita.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Rachmawan, H. ., and S. ., “KEMAMPUAN BERCERITA SISWA USIA 7-8TAHUNMELALUI MEDIA GAMBAR DISDN BANCARAN 3BANGKALAN :KAJIAN NEUROPSIKOLINGUISTIK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 473-482, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Afandi, Rifki. 2015. Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dan Hasil Belajar IPS di Sekolah Dasar. Jurnal Inovasi Pembelajaran, Universitas Muhammadiyah, Malang (Vol.1/No.1)
Afifuddin dan Beni. 2018. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Pustaka Setia
Arfiyanti, Riskha. 2014. Peningkatan Kemampuan Menulis Permulaan bagi Anak
Disgafia. Deiksis Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Unswagati Cirebon (Vol.1/No.2)
Arifuddin. 2018. Neuropsikolonguistik. Depok: PT. Raja Grafindo Persada
Arinoviani, Kadek Dwi. 2016. Penerapan Metode Bercerita Untuk Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Inggris Anak Kelompok A1 Dalam Kegiatan Ekstrakulikuler Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Indonesia (Vol. 4/ No. 2)
Ahmadi, Anas, dkk. 2015. Dasar - Dasar Psikolingusitik. Jakarta: Prestasi Pustakaraya
Astriani, Widi dan Sudarma. 2019. Pengaruh Model Pembelajaran Scramble Berbantuan Media Gambar terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Jurusan PGSD, FIP, Universitas Pendidikan GaneshaSingaraja, Indonesia, (Vol.2/No.2)
Aqib, Zainal. 2013. Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif). Bandung : Yrama Widya.
Bajrami, Lumturije dan Merita. 2016. Information Gap Activities to Enhance Speaking Skill of Elementary Level Students. International Journal Social and Behavioral Sciences, South East Eoropean University, Macedonia (Vol. 612 – 616)
Bhavani ,V. 2019. Children Have Either Autism or Down Syndrome. International
Journal of Scientific and Research Publications, Prist University, India, (Vol.9,Issue9)
Budianingsih, Tri. 2015. Peran Neuropsikolingusitik dalam Pengajaran Bahasa. Jurnal Al-Azhar Indonesia Seri Humaniora, (Vol. 3-2)
Candra Puspita, Alvikadkk.2019. Analisis Bahasa Lisan Pada Anak Keterlambatan Bicara(Speech Delay) Usia 5 Tahun. Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, Program Pascasarjana Pendidikan Bahasa Indonesia, Universitas Sebelas Maret, Solo (Vol. XV/No. 2)
Creswell, John W. 2015. Penelitian Kualitatif & Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cristina Gouvea, Ana. 2011. Current Advances In Neurolinguistics: The Use Of Electroencephalography (EEG) To Study Language. International Journal Revista LinguíStica / Revista do Programa de Pós-Graduação em Linguística da Universidade Federal do Rio de Janeiro, Brazil (Vol.7:
No.2)
Dosensosiologi.com. 2020. “Pengertian Representasi, Jenis, dan Contohnya”.https://dosensosiologi.com/representasi/. Diakses pada 4 Desember 2020 pukul 10.05 WIB.
Fatah Bintoro, Adeng. 2013. Peningkatan Keterampilan Berbicara Dengan Teknik Sulih Suara Dan Analisis Kesalahan Bahasa Pada Siswa Kelas V Sd Negeri Sriwulan 1 Kec. Sayung Kab. Demak. Piwulang Jawi: Journal of Javanese Learning and Teaching, urusan Bahasa Jawa, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Semarang, Indonesia (Vol.1/No.1)
Garnace, Xenia. 2018. The Interrelationship Of Language and The Brain And Language Disorders In Augmentative And Alternative Communication (AAC): Findings From A Systematic Review Of The Literature.InternationalJournalofSocialSciences, GraduateSchool Saint Louis University, Philippines (Vol. 3 Issue 3, pp.1320-1332)
Hani’ah dkk. 2012. Bahasa Indonesia Kontekstual. Surabaya: Pustaka Radja.
Haţegan Carolina, Bodea. 2012. Stuttering-Psycholinguistic Approach. Internasional Journal Acta Didactica Napocensia, (Vol.5, No.1)
Havigerová, Jana Marie dan Dalibor Kučera. 2015. Computational psycholinguistic analysis and its application in psychological assessment of college student. International journal of pedagogy, University of Hradec Králové, Czech Republic (61 – 72)
Hojat,Jodai. 2011. An Introduction to Psycholinguistics. Internastional Journal The University of Guilan, Iran (Vol. 3-5)
Jayasundara, Niruba Sarath. 2018. Theoretical Controversies of Child Language Acquisition – A Psycholinguistic Perspective. International Journal of Scientific and Research Publications, Department of Languages and Communication Studies, Trincomalee Campus, Eastern University Sri Lanka (Volume 8, Issue 2)
Kompasiana. 2015. “Representasi Sebagai Perangkat Konsep yang Bahasa dan Makna”. https://www.kompasiana.comrepresentasi-sebagai-perangkat-konsep-yang-menghubungkan-bahasa-dan-makna. Diakses pada 4 Desember 2020 pukul 10.29 WIB.
Krotenko, Lidija. 2017. Psycholinguistics and the Search for Extraterrestrial Intelligence. International Journal Philosophy and Cosmology, National Pedagogical Dragomanov University Kyiv, Ukraine (Volume 19, 2017)
Lidwina, Soeisniwati. 2012. Disleksia Berpengaruh Pada Kemampuan Membaca dan Menulis. Jurnal STIE Semarang (Edisi Eletronik), (Vol.4/No.3)
Nuraeni, Lenny. 2015. Pemerolehan Morfologi (Verba) Pada Anak Usia 3, 4 Dan 5 Tahun (Suatu Kajian Neuro Psikolinguistik). Tunas Siliwangi : Jurnal Program Studi Pendidikan Guru Paud Stkip Siliwangi Bandung, (Vol.1/No.1)
Manurun, Konder. 2015. Improving the speaking skill using reading contextual internet-based instructional materials in an EFL class in Indonesia. International Journal Social and Behavioral Sciences, Tadulako University, Palu
Mickail, Terry dkk. 2017. Understanding Interest and Self-Efficacy in the Reading and Writing of Students with Persisting Specific Learning Disabilities during Middle Childhood and Early Adolescence. International Journal of Educational Methodology, University of Washington, USA (Vol. 3, Issue 1, 41 – 64)
Munadi, Yudhi. 2013. Media Pembelajaran (Sebuah Pendekatan Baru). Jakarta: GP Press Group)
Noer, Muhammad. 2010. “Mengenal Vokalisasi DalamMembaca”. https://www.muhammadnoer.com/mengenal-vokalisasi-dalam-membaca/. Diakses pada 4 Desember 2020 pukul 11.05 WIB.
Omar, Siti Fatimah dkk. 2020. Interactive language learning activities for learners’ communicative ability. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), Faculty of Communication, Visual Art and Computing, University Selangor, Malaysia (Vol.9, No.4, pp. 1010~1016)
Pickut, Barbara. 2015. Mindfulness Training Among Individuals with Parkinson’s
Disease: Neurobehavioral Effects. International Journal DOAJ (Directory of Open Access Journals), University of Antwerp, Belgium (Vol.2015, 6 Page)
Purbayani, Rini dkk. 2018. The Effect of Picture Media and Learning Style on Social Study Learning Outcomes. International Journal of Scientific and Research Publications, Postgraduate Program State University of Jakarta (Vol. 8, Issue 8)
Puspitasari, Dewi dan Renata. 2018. The Influence Of Plus, Minus And Interesting (PMI) Strategy Towards Students’ Speaking Ability In An Indonesian Private Secondary School. International Journal of Language Education, PattimuraUniversity, Indonesia (Vol. 2 No.2 pp. 113-121)
Putra, Nusa. 2013. Metode Penelitian Kualitatif Pendidikan. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada
Rathour, Chetna. 2019. Problems and Prospects of Teacher Education atElementary Level. International Journal of Scientific and Research Publications, Sant Nischal Singh College of Education for womenYamuna Nagar, India (Vol. 9,Issue3)
Respati Andamari, Sri dan Ulfa. 2017. Implementasi Terapi Berbasis Aplikasi Android dan Terapi Verbal untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca pada Anak dengan Gejala Disleksia. Psikologia (Jurnal Psikologi) Fakultas Psikologi, Universitas Teknologi Yogyakarta, Yogyakarta, Indonesia, (17-26)
Samsunuwiyati, Mar’at. 2015. Psikolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: PT.Refika Aditama
Sastra, Gusti. 2010. Neurolinguistik (Suatu Pengantar). Bandung: ALFABETA
Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Sukenti, Desi dkk. 2020. Developing Indonesian language learning assessments: Strengthening the personal competence and Islamic psychosocial of teachers. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), Department of Indonesian Language and Literature Education, Universitas Islam Riau, Indonesia (Vol. 9, No. 4, pp. 1079~1087)
Usman, Muhammad dan Nidar. 2018. Keterampilan Berbicara dengan Active Learning. Sleman: DEEPUBLISH (Grup Penerbitan CV BUDI UTAMA)
Yanuar, Dedy. 2012. "Representasi Seksualitas Pada Lirik Lagu “Paling Suka 69” karya Julia Peres". Skripsi. FISIP. Ilmu Komunikasi, Universitas Pembangunan Nasional Veteran "Jawa Timur".