PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUHU DAN KALORMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 101501 BINTUJU KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS KABUPATEN TAPANULI SELATAN
Main Article Content
Abstract
enelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah penelitian apakah terdapat peningkatan yang relevan antara penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan T.A 2021/2022.Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdapat dua siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 25 siswa.Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata pembelajaran tematik pada subtema suhu dan kalor sebelum menggunakan model pembelajaran Talking Stick rata-rata 68 berada pada kategori “Kurang”. Sesudah menggunakan model pembelajaran Talking Stick nilai rata-rata pada siklus I 77 berada pada kategori “cukup”, dan pada siklus II nilai rata-rata 80 berada pada kategori “Baik”. Dari perbandingan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan pada siklus I sebesar 58% dan pada siklus II sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema suhu dan kalor.
Article Details
References
Abas Asyafah. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Upi. Volume. 6. No. 1, Mei 2019.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Raudhah, 2018. Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Tarbiyah. Volume. 06. No. 01, Juni 2018.