PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUHU DAN KALORMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 101501 BINTUJU KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS KABUPATEN TAPANULI SELATAN

Main Article Content

Arjun Ritonga Riswandi Harahap Nurbaiti .

Abstract

enelitian ini bertujuan untuk memecahkan masalah penelitian apakah terdapat peningkatan yang relevan antara penggunaan model pembelajaran Talking Stick terhadap hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan T.A 2021/2022.Rancangan penelitian menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang terdapat dua siklus.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan yang berjumlah 25 siswa.Berdasarkan hasil analisis nilai rata-rata pembelajaran tematik pada subtema suhu dan kalor sebelum menggunakan model pembelajaran Talking Stick rata-rata 68 berada pada kategori “Kurang”. Sesudah menggunakan model pembelajaran Talking Stick nilai rata-rata pada siklus I 77 berada pada kategori “cukup”, dan pada siklus II nilai rata-rata 80 berada pada kategori “Baik”. Dari perbandingan hasil belajar siswa  kelas V SD Negeri 101501 Bintuju Kecamatan Angkola Muaratais Kabupaten Tapanuli Selatan pada siklus I sebesar 58% dan pada siklus II sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Talking Stick dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada subtema suhu dan kalor.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Ritonga, R. Harahap, and N. ., “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA SUBTEMA SUHU DAN KALORMENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK DI KELAS V SD NEGERI 101501 BINTUJU KECAMATAN ANGKOLA MUARATAIS KABUPATEN TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 3, pp. 560-565, Aug. 2021.
Section
Artikel

References

Aris Shoimin. 2014. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Depok: AR-RUZZ Media.
Abas Asyafah. Menimbang Model Pembelajaran (Kajian Teoretis-Kritis Atas Model Pembelajaran Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Upi. Volume. 6. No. 1, Mei 2019.
Dimyati. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Oemar Hamalik. 2013. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Raudhah, 2018. Games Pak Pos Membawa Surat Pada Sintax Model Pembelajaran Tematik. Jurnal Tarbiyah. Volume. 06. No. 01, Juni 2018.