UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (KAJIAN PRAGMASEMANTIK)

Main Article Content

Della Andania Fielda Sarie Suhartono . Mintowati .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan dekripsi bentuk tindak tutur ilokusi dan perlokusi dalam kasus ujaran kebencian di media sosial yang ada di wilayah Jawa Timur, serta mendapatkan deskripsi mengenai makna yang terkandung dalam tindak tutur dalam kasus ujaran kebencian di media sosial yang ada di wilayan Jawa Timur. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan berbentuk deskriptif. Data dalam penelitian ini diambil dan dikumpulkan dari beberapa media sosial (facebook, youtube, whatsapp, dan twitter) yang telah direkomendasikan sebelumnya dari Subdit V Siber Tindak Pidana Ujaran Kebencian/SARA tahun 2019. Data penelitian yang digunakan berupa teks kata, frasa, klausa, kalimat, dan wacana menghasilkan deskripsi bentuk tindak tutur dan makna yang terkandung di dalamnya berdasarkan dari konteks ujaran kebencian. Data ujaran kebencian dianalisis dengan menggunakan teori pragmatik dan semantik yang bertujuan untuk memberikan ulasan bahwa ujaran kebencian juga perlu dilihat dari segi bahasa juga tuturan yang dituturkan.Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat banyak teks ujaran kebencian berdasarkan jenis tindak tuturnya.Serta adapun alasan dan penjelasan teks tersebut dapat dikatakan sebagai ujaran kebencian, karena tidak semua ujaran yang terkesan kasar bisa disebut ujaran kebencian, mengingat wilayah pengambilan data ada di Jawa Timur.

Article Details

How to Cite
[1]
D. A. Sarie, S. ., and M. ., “UJARAN KEBENCIAN DI MEDIA SOSIAL (KAJIAN PRAGMASEMANTIK)”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 247-251, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Abdillah, Autar. 2007. Budaya Arek Suroboyo, Tesis S2, Surabaya: Pascasarjana Universitas Airlangga Surabaya (belum diterbitkan).
Austin, J.L. 1962. How to Do Thingswith Words. London: Oxford UniversityPress.
Brown, G dan Yule. G. 2005. Analisis Wacana. Jakarta: PT Gramedia PustakaUtama.
Cummings. L. 2015. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Feny. 2012. Analisis Tindak Tutur Persuasif Dalam Kampanye Shinzo Abe Tahun 2012. Skripsi: Tidak Diterbitkan.
Goenawan, Nita A., et al. 2016. "Perancangan Buku Ilustrasi Tentang Fenomena Budaya Arek Suroboyo." Jurnal Desain Komunikasi Visual Adiwarna, vol. 1, no. 8.
Halliday, M.A.K. dan Ru qaiya Hasan. 1992. Bahasa, Konteks, dan Teks. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.
Ibrahim, Abdul Syukur. 1993. Kajian Tindak Tutur. Surabaya: Usaha Nasional.
Kaplan, andreas M., Haenlain, Michael. 2010. Users of the World, unite! The Challenges and Opportunities of Social Media. Business Horizons.
Leech, Geoffrey. 1993. Prinsip-prinsip Pragmatik. Jakarta: UI Press.
Manaf, Ngusman Abdul. 2011. Kesopanan Tindak Tutur Menyuruh dalam BahasaIndonesia. Litera. Oktober Vol. 2 No. 2, hlm213.
Mulyana. 2005. Kajian Wacana. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Nababan, P.W.J 1987. Ilmu Pragmatik (teori dan penerapannya). Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Parera, Jos Daniel. 1997. Linguistik Edukasional. Jakarta: Erlangga.
Purba, Antilan. 2002. Pragmatik Bahasa Indonesia. Medan: Usu Press.
Rahardi, K. 2005. Pragmatik: Kesantunan Imperatif Bahasa Indonesia.Jakarta: Erlangga.
Ras., JJ. 2014. Masyarakat dan Kesusasteraan di Jawa (judul asli: Maatschappij en Letterkunde op Java (1988), diterjemahkan oleh Achadiati Ikram), Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.
Rohmadi, Muhammad. 2004. Pragmatik: Teori dan Analisis. Yogyakarta: LingkarMedia.
Rustono. 1999. Pokok-pokok Pragmatik. Semarang: IKIP Semarang Press.
Sudaryanto, 1993. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa Pengantar Penelitian Wahana Kebudayaan secara Linguistis. Yogyakarta: Duta WacanaUniversity Press.
Sudaryanto. 2015. Metode dan Aneka Teknik Analisis Bahasa. Yogyakarta: Sanata Dharma University Press.
Syahrul. 2008. Pragmatik Kesantunan Berbahasa: Menyibak Fenomena Berbahasa Indonesia Guru dan Siswa. Padang: UNP Press.
Toby Mendel, “Hate Speech Rules Under International Law”,http://www.lawdemocracy.org/wpcontent/ ploads/2010/07/10.02.hatespeech.Macedonia book.pdf. (diunduh tanggal 20 Agustus 2019).
Verhar, JMW. 1996. Asas-Asas Linguistik Umum. Yogyakarta: Gajah MadaUniversity Press.
Yule. G. 2014. Pragmatik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yule. G. 2015. Kajian Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.