PENGARUH METODE EKSPERIMEN KAPILARITAS AIR TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA BERPIKIR LOGIS PADA ANAK USIA DINI

Main Article Content

Farida Nur Azizah Gunarti Dwi Lestari Budi Purwoko

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh tentang kemampuan kognitif anak dalam hal konsep dasar sains dengan menggunakan metode eksperimen kapilaritas air pada anak didik kelompok A di TK Nurul Falah sebelum dan sesudah dilakukan tindakan. Melakukan tindakan berupa penerapan metode eksperimen kapilaritas air untuk meningkatkan kemampuan kognitif dalam belajar dan pemecahan masalah serta berfikir logis pada anak didik kelompok A di TK Nurul Falah. Mengetahui ada tidaknya pengaruh kemampuan konsep dasar sains dengan menggunakan metode eksperimen pada anak didik kelompok A di TK Nurul Falah antara sebelum dan setelah dilakukan tindakan. Rumusan masalah pada penitilian ini adalah Apakah penerapan metode eksperimen kapilaritas air  berpengaruh terhadap perkembangan kemampuan kognitif dalam belajar dan pemecahan serta berfikir logis pada anak Kelompok A TK Nurul Falah Surabaya. Untuk menjawab rumusan masalah digunakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan rumus kolmogrof smirnof dengan menggunakan bantuan perhitungan dari SPSS 2,0. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan dokumentasi. Adapun instrumen yang digunakan adalah lembar observasi kegiatan anak dan lembar observasi pembelajaran oleh guru. Metode eksperimen kapilaritas air berpengaruh secara signifikan terhadap sains dalam perkembangan kognitif anak anak kelompok A di TK Nurul Falah Surabaya. Terdapat perbedaan nilai rata-rata dalam perkembangan kognitif kelas eksperimen yaitu 17, 2 lebih besar dari pada kelas kontrol yaitu sebesar 15,3 dengan menggunakan perhitungan dari SPSS. 20

Article Details

How to Cite
[1]
F. Azizah, G. Lestari, and B. Purwoko, “PENGARUH METODE EKSPERIMEN KAPILARITAS AIR TERHADAP PERKEMBANGAN KEMAMPUAN KOGNITIF DALAM BELAJAR DAN PEMECAHAN MASALAH SERTA BERPIKIR LOGIS PADA ANAK USIA DINI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 252-256, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Aderson, L.W., & Krathwohl, D.R. 2017. Kerangka Landasan untuk Pembelajaran, Pengajaran, dan Asesmen. (Agung Prihantoro, Penerjemah). Wittrock: Pearson Education, Inc
Adisusilo, Sutarjo. 2012. Pembelajaran Nilai Karakter Kontruktivisme dan VCT Sebagai Inovasi Pendekatan Pembelajaran Afektif. Jakarta: Rajagrafindo Persada.
Djamarah, Syaiful Bahri dan Zain, Aswan. 2010. Strategibelajar mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Fraenkel, J.R., Wallen, N. E., & Hyun, H. H. 2011. How to Design and Evaluate Research in Education. New York: McGraw-Hill Humanities/Social Sciences?.Languages.
Hall. B. 1973. Value Clarification As Learning Process. New York: Paulist Pres.
Komalasari, Kokom. 2014. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT. Reflika Aditama.
Priyatno, Duwi. 2016. SPSS Handbook. Yogyakarta: MediaKom
Rahmawati, dkk. 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Vct (Klarifikasi Nilai) Terhadap Motivasi Dan Prestasi Belajar Ips Pada SiswaSmp Islam Terampil Pancor Kopong. Fajar Historia. Volume 1 Nomor 2, hal. 155-169. http://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/fhs/article/view/590/pdf_12.
Risvanelli. 2017. Peningkatan Hasil Belajar dan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V Menggunakan Pendekatan Value Clarification Technique (VCT) Pada Pembelajaran PKn di SDN 24 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia (JPPI). 3(2), 44-45. Doi: https://doi.org/10.29210//02017115.
Riyanto, Y. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan Kualitatif dan Kuantitatif. Surabaya: Unesa University Press.
Riyanto, Y. 2012. Metodologi Penelitian Pendidikan. Surabaya: SIC.
Sadirman. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raha Grafindo Persada.
Sanjaya, Wina. 2008. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Subroto, W. T. (2009). Bahan Pembelajaran IPS di Sekolah Dasar. Surabaya : Unesa University Press.
Sugianti, Sri. 2017. Penerapan Model Pembelajaran Value Clarification Technique Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu Sosial. 9(2), 255-262. Doi: 10.24114/jupiis.v9i2.8283
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suprijono, Agus. 2016.Model-Model Pembelajaran Emansipatoris. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajaran dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Pranamedia Group
Uno, Hamzah, B. 2012. Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.
Zuhdan K. Prasetyo. 2013. Pembelajaran Sains Berbasis Kearifan Lokal. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika. Surakarta: FKIPUNS.