PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI APLIKASI KONSEP TEKANAN ZAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI

Main Article Content

Nur Azizah Yuni Sri Rahayu Endang Susantini

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing yang layak ditinjau dari kevalidan, kepraktisan, dan efektifitasnya untuk melatihkan keterampilan proses sains pada materi aplikasi konsep tekanan zat dalam kehidupan sehari-hari. Desain penelitian yang digunakan mengacu pada pengembangan perangkat model 4-D (four-D models) tanpa tahap desiminasi. Data validitas diperoleh dari hasil validasi pakar pendidikan dan pakar keilmuan. Untuk menguji kepraktisan dan keefektifan perangkat yang dikembangkan, penelitian ini dilakukan pada peserta didik kelas VIII SMP N 2 Mojoanyar Kabupaten Mojokerto Tahun Pelajaran 2020/2021. Rancangan uji coba yang digunakan pada penelitian ini adalah one grouppretest-posttestdesign. Data yang dikumpulkan berupa data validasi perangkat, data pengamatan keterlaksanaan RPP, data pengamatan kendala pembelajaran, data keterampilan proses sains hasil pretest-posttest, serta data angket respon peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) perangkat yang dikembangkan valid dengan nilai rata-rata silabus 3,6, RPP 3,6, LKPD 3,7, dan soal KPS 3,8; 2) kepraktisan perangkat dilihat dari keterlaksanaan RPP menunjukkan hasil dengan kategori sangat baik dengan nilai rata-rata 3,5; 3) keefektifan perangkat pembelajaran dilihat dari hasil ketercapaian tes keterampilan proses sains peserta didik terdapat kenaikan N-gain rata-rata sebesar 0,8 dengan kategori tinggi; respon peserta didik selama pembelajaran menunjukkan respon yang positif. Berdasarkan hasil disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran berbasis inkuiri terbimbing untuk melatihkan keterampilan proses sains siswa tergolong layak karena memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Azizah, Y. Rahayu, and E. Susantini, “PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA PADA MATERI APLIKASI KONSEP TEKANAN ZAT DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 277-282, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Anggraini, R., Wahyuni, S., & Lesmono, A. D. (2016). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Keterampilan Proses Di SMAN 4 Jember. Jurnal Pembelajran Fisika, Vol.4, No.4, pp. 350-356.
Arends, R. (2012). Learning To Teach, ninth edition. New York: Mc-Graw Hill.
Ariyanto, A., Priyayi, D. F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. Jurnal pendidikan Biologi, Vol. 9, No.1, pp. 1-13.
Evriani, Kurniawan, Y., & Muliyani, R. (2017). Peningkatan Keterampilan Proses (KPS) Terpadu Melalui Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Dengan Strategi Student Generated Representation (SGRS). Jurnal Pendidikan Fisika, Vol.5, No.2, pp. 119-125.
Gronlund, Norman E dan Linn, L Robert. (1990). Measurement and Evaluation in Teaching. New York. Macmillan Publishing Company
Hake, R. (1999). Analyzing Change/Gain Scores. Dept of Physics Indiana University. Diunduh dari http://www.physics.indiana.edu tanggal 26-2-2021.
I, I., Mosik, M., & Subali, B. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing untuk Meningkatkan KPS dan Hasil belajar Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, Vol.3, No. 2, pp. 150-160.
Ibda, F. (2015). Perkembangan Kognitif: Teori Jean Piaget. Jurnal Intelektualita, Vol. 3, No. 1, pp. 27-38.
Ibrahim, M. (2002). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (Pelatihan Terintegrasi Berbasis Kompetensi Guru Mata Pelajaran Biologi). Jakarta: Depdiknas.
Keys, C. W., & Bryan, L. (2001). Co-constructing Inquiry-Based With Teachers: Essential Research For Lasting Reform. Journal of Research in Science Teaching, Vol. 38, No.6, 631-645.
Lestari, M. Y., & Diana, N. (2018). Keterampilan Proses Sains (KPS) Pada Pelaksanaan Praktikum Fisika Dasar I. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, Vol. 01, No. 1, pp. 49-54.
Dimyati, & Mudjiono. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Rahayu, Y.S, Yuliani, Wijaya, BP. (2018). Implementation of science process skills using ICT-based approach to facilitate student life skill. IOP Conf. Series: Materials Science and Enginerring: 296.
Ratumanan, T., & Laurens, T. (2011). Penilaian Hasil Belajar pada Tingkat Satuan Pendidikan. Unesa University Press.
Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Rismawati, Sinon, I. L., Yusuf, I., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik di SMK Negeri 02 Manokrawi. Jurnal Pendidikan, Vol.8 No. 1, pp. 12-25.
Sari, R. N., Ibrahim, M., & Wasis. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran IPA Topik Tekanan Pada Zat Cair Berorientasi Inkuiri Terbimbing Untuk Melatihkan Keterampilan Proses Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan Sains, Vol. 5, No. 2, pp. 1048-1056.
Wang, H., & Posey, L. (2011). An Inquiry-Based Linear Algebra Class. Online Submission, US-China Education Review, pp. 489-494.
Wijayaningputri, A., Widodo, W., & Munasir. (2018). The Effect of Guided-Inquiry Model on Science Process Skills Indicators. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, Vol.8, No.1, pp.1542-1546.