PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNINGTIPE FLIPPEDUNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA KELAS V SDN KANDANGAN I/121 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2021-2022

Main Article Content

Sri Winarwati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V dengan penggunaan model pembelajaran blended learningtipe flippedmateri sistem penceranaan manusia pada siswa kelas V SDN Kandangan I/121 Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah mengacu pada desain penelitian tindakan kelas. PTK merupakan siasat guru dalam mengaplikasikan pembelajaran dengan berkaca pada pengalamnya sendiri atau dengan perbandingan dari guru lain. Lewin (Tahir 2012) Menurut Bahri (2012) penelitian tindakan kelas merupakan sebuah kegiatan yang dilaksanakan untuk mengamati kejadian-kejadian dalam kelas untuk memperbaiki praktek dalam pembelajaran agar lebih berkualitas dalam proses sehingga hasil belajarpun menjadi lebih baik. Hasil penelitian di kelas mendapatkan data sebagai berikut:aktibitas siswa pada siklus I mencapai 66.95% dan siklus II mencapai 88.89%. Terjadipeningkatanaktivitasbelajar siswa sebanyak 21.94%. Dengandemikianaktivitasbelajar siswa sudah dianggap maksimal. Hasil belajar siklus I mendapat skor tuntas 64% dan 36% siswa belum tuntas. Pada siklus kedua mengalami peningkatkan dengan skor tuntas 90% menyisakan 10% siswa yang belum tuntas. Dengan demikian siklus dapat dihentikan dan penelitian dianggap berhasil. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran blended learningtipe flipped pada materi sistem pencernaan manusiadapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Kandangan I/121 Surabaya.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Winarwati, “PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN BLENDED LEARNINGTIPE FLIPPEDUNTUK MENINGKATKANAKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR IPA SISWA MATERI SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA KELAS V SDN KANDANGAN I/121 SURABAYA TAHUN PELAJARAN 2021-2022”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 291-296, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Adhitiya, E.N., Prabowo, A. dan Arifuddin, R. (2015). Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Classroom dengan Peer Instruction Flipped terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Unnes Journal of Mathematics Education 4.
Alexander, Laurel. (2000). Education & Training On the Internet. An essensial resources for students, teachers and education providers. Internet Handbook. UK
Anugraheni, I. (2017). Penggunaan portofolio dalam perkuliahan penilaian pembelajaran. Jurnalpendidikandasarperkhasa, 3(1), 246-258.
Arifa. (2020). Tantangan Pelaksanaan Kebijakan Belajar Dari Rumah Dalam Masa Darurat Covid-19. JurnalinfoSingkat;KajianSingkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis. Volume XII pages 6.
Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Asbolah, Kasihani. (1999). Penelitian Tindakan Kelas. Malang: Depdiknas.
As’adie, Basuki, (2009), Desain Pembelajaran Berbasis Penelitian Tindakan Kelas. Ponorogo: STAIN Ponorogo Press.
Bahri, Aliem. (2012), “Penelitian Tindakan Kelas”. Makassar : UniversitasMuhammadiyah Makassar.
Buku SiswaTema: WirausahaKelas 6 (BukuTematikTerpaduKurikulum2013, Jakarta:Kementerian PendidikandanKebudayaan, 2018).Hamalik, Oemar. (2011). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Hosnan. (2014). PendekatansaintifikdanKontekstualdalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia
Husamah. (2014). PembelajaranBauran (Blended Learning) TerampilMemadukanKeunggulanPembelajaran Face-To-Face, E-learning Offline-Online, dan Mobile Learning. Jakarta: Prestasi Pustaka.
Hidayat, Fatkhul. (2019). https://radarkudus.jawapos.com/read/2019/08/02/ 149209/pembelajaran-abad-21-sebagai-solusi-menghadapi-revolusi-industri-40. diakses 09 Oktober 2021 pukul 10.00
http://www.rise.smeru.or.id/id/acara/belajar-dari-rumah-tantangan-dan-strategi-mengatasi-ketimpangan-pembelajaran-selama-pandemi diakses 09 0kt0ber 2021 pukul 10.30
https://maglearning.id/2019/02/03/model-model-penerapan-blended-learning/ diakses 09 0ktober 2021 pukul 10.45
Rusman. (2012). Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Depok: PT Raja Grafindo Persada
Sari, Milya. (2016). Blended Learning, Model Pembelajaran Abad Ke-21 Di PerguruanTinggi.Ta'dib, JurnalFakultasPendidikan dan Pelatihan Guru, UniversitasBatusangkar, 17(2), 126-136. Dari http:// ecampus.iainbatusangkar.ac.id/ojs/index. php/takdib/article/view/267/264.
Sanjaya, Wina, (2011), Penelitian Tindakan Kelas, Jakarta : KencanaPrenada Media Group
Shofiana. Ana. (2020). https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all diakses 09 Oktober 2021 pukul 10.00
Sudjana, Nana. (2011). Tori-teoridanpembelajaran. Jakarta: Universitas Indonesia
Sugiyono. (2010). METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suyanto. (1997). PedomanPelaksanaanPenelitianTindakanKelas (PTK)., Bagian satu. Jakarta: DirjenDiktiDepdikbudProyekPendidikan Tenaga Akademik Bagian Pengembangan Pendidikan Guru Sekolah Dasar (BP3GSD). Cari sumbernya lagi
Suyadi, (2012), Buku Panduan Guru Profesional Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan Penelitian Tindakan Sekolah, Yogyakarta: Andi.
Suyadi, (2014),Panduan Penelitian Tindakan Kelas, Jogjakarta : DIVA Press
Tahir, Muh., (2012), Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan. Makassar:UniversitasMuhammadiyah Makassar.
Shofiana. Ana. (2020). https://www.kompas.com/edu/read/2020/08/12/112834471/pendidikan-daring-di-masa-covid-19?page=all diakses 09 Oktober 2021 pukul 10.00
Suhartini arikunto dan sugiyarto. 2009. Peningkatan profesi ilmiah guru melalui penelitian tindakan kelas. Makalah di Sampaikan dalam seminar Nasional. Surakarta. UNS
Tahir, Muh.2012 “Pengantar Metodologi Penelitian Pendidikan”. Makassar: Universitas Muhammadiyah Makassar
Thorne, Kaye (2013). Blended Learning: How to Integrate Online and Traditional Learning. USA: Kogan Page Limited
Wardhani,Igak .2007.” Penelitian Tindakan Kelas” Jakarta:Universitas Terbuka.