GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS XII-OTP SMK NEGERI 1 PORTIBI

Main Article Content

Febriani .

Abstract

Penelitian daring ini dilaksanakan untuk mengetahui bagaimana pemanfaatan gambar berseri mampu meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis sinopsis novel di Kelas XII-OTP di SMK Negeri 1 Portibi. Telaah kualitatif ini adalah suatu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus penelitian dengan 20 siswa sebagai partisipan. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah telaah dokumen hasil tulisan siswa dan observasi lapangan. Hasil temuan dianalisis secara kualitatif berdasarkan teori-teori yang relevan yang memayungi penelitian. Penelitian ini selanjutnya membuktikan hal-hal berikut. Pemanfaatan gambar berseri dalam pembelajaran menulis sinopsis novel secara online dapat meningkatkan hasil tulisan siswa di Kelas XII-OTP di SMK Negeri 1 Portibi. Pemanfaatan gambar berseri sebagai media pembelajaran mampu meningkatkan minat, motivasi, dan partisipasi belajar siswa. Motivasi maksimal membuat siswa menjadi bersemangat dalam mengerjakan tugas. Namun demikian, pemanfaatan gambar berseri sebagai media pembelajaran memerlukan usaha maksimal guru dalam mengelola kelas dan menyediakan gambar berseri yang menarik dan relevan. Siswa memerlukan bimbingan maksimal dalam kegiatan belajar menulis. Masih diperlukan penelitian yang lebih jauh dalam skala yang lebih besaruntuk memperoleh hasil yang lebih memuaskan.

Article Details

How to Cite
[1]
F. ., “GAMBAR BERSERI UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DI KELAS XII-OTP SMK NEGERI 1 PORTIBI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 312-315, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Anna, H. (2016). Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Konteks Multi Budaya. Al-Ta[dib. Vol. 9, Nom. 2. Juli-Desember 2016, http://ejurnal.iainkendari.ac.id
Anum, S. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Siswa Kelas III SD Negeri 020580 dalam pembelajaran Kemampuan Berbahasa Melalui Penerapan Media Gambar. Bahastra. Vol. 2, No. 1, September 2017, http://journal.uisu.ac.id
Arikunto, S. (2006). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta:Bumi Aksara.
Arsyad, A. (2003). Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Depdiknas. (2013). Kurikulum Bahasa Indonesia 2013 untuk Sekolah Menegah Atas Dan Kejuruan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Jakarta.
Depdiknas. (2016). Panduan Gerakan Literasi di Sekolah Menengah Atas, tersedia dari: http://drive.google.com/file/d/Ob 2CBo9WmnjsUaRmFYSWR1a2c/vie w, diunduh pada 7 Desember 2017.
Harjono, N. (2012). Evaluasi Pembelajaran Siswa Aktif Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di Kelas 5 Sekolah Dasar. Seloka 1 (1) (2012)http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/seloka
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan Sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar vol. 2, no. 1, 2018, http://journal.iaincurup.ac.id
Nurhayati. (2000). Pembelajaran Menulis Jurnal Ilmiah. Yogyakarta: Universitas
Negeri Yogyakarta.
Nurgiyantoro, B. (2019). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Puspidalia, Y. S. (2012). Problematika Pembelajaran Bahasa Indonesia di MI/SD dan Alternatif Pemecahannya. Cendekia Vol. 10 No. 1 Juni 2012, http://journal.iainponorogo.ac.id
Rahmawati. (2010). Peningkatan Keterampilan Menulis Cerpen dengan Menggunakan Media Gambar Berseri pada Siswa Kelas X SMA Al- Islam 3 Surakarta.Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Sardiman, A. (2002). Media Pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: PT. Raja Grafindo Pustaka
Sugiono. (2006). Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Suherman. (2006). Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikna.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa
Tarigan, H. G. (2015). Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Wiyanto, Asul. (2005). Kesastraan Sekolah Penunjang Pembelajaran Bahasa Indonesia SMP dan SMA. Jakarta: Grasindo
Widyamartaya, A. (2002). Seni Menuangkan Gagasan. Yogyakarta: Kanisius