METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IX-2 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Timainun Daulay

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana implementasi model pembelajaran Demonstrasi mampu meningkatkan hasil belajar Matematika siswa di Kelas IX-2 diSMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Penelitian ini dilakukan dalam bentuk penelitian tindakan kelas dan diselengarakan dalam dua siklus secara online dengan 24 siswasebagai pertisipan serta peneliti sendiri sebagai partisipan-observer. Sebagai suatu penelitian kualitatif, data dikumpulkan melalui observasi dan telaah dokumen, dan temuan ditelaah, dianalisis, dan dijelaskan secara kualitatif dengan mengambil perbandingan pada teori-teori yang relevan yang dikemukakan dalam penelitian. Penelitian ini selanjutnya menemukan hal-hal sebagai berikut.Model pembelajaran Demonstrasi secara daring dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa Kelas IX-2 di SMP Negeri 1 Padangsidimpuan. Pemanfaatan media pembelajaran yang sesuai akan mampu meningkatkan motivasi dan minat siswa untuk mengikuti proses belajar.Telaah ini juga membuktikan bahwa belajar sambil praktiksangat baik untuk mengasah kemampuan siswa sehubungan dengan rasa sosial, tanggung jawab, kerjasama dan saling menghargai. Guru yang mengimplementasi model pembelajaran Demonstrasi harus bersedia bekerja keras dan berusaha maksimal dalam memotivasi siswa. Demikianlah, penelitian lain yang relevan masih perlu dilaksanakan untuk temuan yang lebih baik.

Article Details

How to Cite
[1]
T. Daulay, “METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DI KELAS IX-2 DI SMP NEGERI 1 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 9, no. 4, pp. 341-345, Nov. 2021.
Section
Artikel

References

Arikunto, S. (2006). Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta-Jakarta.
Djamarah & Zein (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rieneka Cipta.
Depdiknas. (2013). Depdiknas, (2013). Kurikulum Pembelajaran Matematika 2013 untuk Sekolah Menegah PertamaDan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Jakarta.
Fuadi, R., Johar, R., & Munzir, S. (2016). Peningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematis melalui Pendekatan Kontekstual. Jurnal Didaktika Matematika. Vol. 3, No. 1, April 2016, http://jurnal.unsyiah.ac.id
Hamalik, Oemar. (2003). Pendekatan Baru Strategi Belajar Mengajar berdasarkan CBSA: Bandung : Sinar Baru Algesindo
Hanafiah, N. (2010). Konsep Strategi Pembelajaran. Jakarta: Grafindo Bumi Persada.
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa. Fobonacci. Volume 2 Nomor 2 Desember 2016, http://journal.umj.ac.id
Sudjana, Nana. (1991). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiono. (2008). Metode Penelitian Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.