Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) untuk Kelas VI Sekolah Dasar”.

Main Article Content

SARTIKA RATI ASMARA NASUTION

Abstract

Bahan ajar yang berkualitas sangat penting dalam pembelajaran, terutama dalam pembelajaran IPA. Ketersediaan bahan ajar yang berkualitas dapat menjadi salah satu pedoman bagi guru membelajarkan siswa dalam proses pembelajaran. Paradigma proses pembelajaran yang selama ini hanya berpusat kepada guru hendakny berubah mejadi berpusat kepada siswa, bahan ajar IPA yang berkualitas hendaknya dapat meningkatkan kemampuan siswa berfikir kreatif, kritis, mencari informasi, melakukan investigasi, menarik kesimpulan dan menghasilkan produk. Salah satu upaya yang dapat dilakukan untuk mewujudkan suasana belajar yang diharapkan, dilakukan  pengembangan bahan ajar IPA berbasis model Project Based Learning di kelas VI Sekolah dasar.


 Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model Plomp yang terdiri dari tiga tahapan yaitu: preliminary research, prototyping phase, dan assesment phase. Data penelitian dari uji validitas diperoleh melalui lembar validasi bahan ajar ajar yang telah divalidasi oleh pakar. Data kepraktisan didapatkan melalui lembar angket respons guru, angket respon siswa, serta wawancara yaang dilakukan terhadap guru dan siswa setelah mengikuti pembelajaran menggunakan bahan ajar yang dikembangkan. Keefektifan dilihat dari aktivitas belajar siswa dan hasil belajar siswa yang meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Data yang telah dikumpulkan selanjutnya dianalisis secara deskriptif.


Hasil penelitian dari uji validitas menunjukkan bahwa bahan ajar yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan nilai rata-rata 91%. Hasil uji praktikalitas bahan ajar dari angket guru dan siswa menunjukkan kategori sangat praktis dengan rata-rata nilai 83% dan 89%. Hasil uji efektivitas menunjukkan bahan ajar yang dikembangkan, sudah efektif dengan nilai rata-rata aktivitas siswa 87%, hasil belajar kognitif dengan rata-rata 85, hasil belajar aspek afektif dengan rata-rata nilai 82%, dan hasil belajar aspek psikomotor dengan rata-rata ketuntasan siswa mencapai 86%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis  model Project Based Learning yang dikembangkan pada pembelajaran IPA di kelas VI Sekolah Dasar dapat dikatakan Valid, Praktis, dan Efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
S. R. NASUTION, “Pengembangan Bahan Ajar IPA Berbasis Model Project Based Learning (PjBL) untuk Kelas VI Sekolah Dasar”.”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 4, no. 2, p. 50, Jun. 2018.
Section
Artikel