IMPACT OF STRESS LEVELS ON THE MENSTRUAL CYCLE IN FINAL-LEVEL STUDENTS AT BINAWAN UNIVERSITY

Main Article Content

Legina Anggraeni Nisa Fauziah Irwanti Gustina

Abstract

Stres adalah suatu keadaan yang menekan diri individu yang disebabkan oleh ketidakseimbangan antara kemampuan yang dimiliki dengan tuntutan yang ada. Mahasiswi dapat mengalami stres dalam pengerjaan tugas akhir sehingga dapat menimbulakan berbagai perubahan metabolisme salah satunya adalah siklus menstruasi yang tidak teratur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh tingkat stres dengan gangguan siklus menstruasi pada mahasiswa tingkat akhir di  Universitas Binawan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional dengan jumlah sampel pada penelitian ini adalah 50 orang mahasiswa tingkat akhir dari berbagai macam program studi. Lokasi penelitian ini berada di Universitas Binawan Jakarta Timur pada bulan Agustus-September 2021. Variabel dalam penelitian ini dibagi menjadi variabel independent yaitu tingkat stres dan variabel dependen yaitu siklus menstruasi. Teknik analisis data menggunakan uji Chi Square dan dari hasil Analisa univariat didapatkan hasil bahwa sebanyak 44 responden (88%) mengalami Stres. Hasil uji Chi Square diperoleh nilai p value 0,036 (<0,05). Terdapat pengaruh stres dengan gangguan siklus menstruasi pada mahasiswa tingkat akhir di universitas binawan. Pada mahasiswa yang sedang menyusun tugas akhir disarankan untuk melakukan pengelolaan stress dengan cara yang positif.

Article Details

How to Cite
[1]
L. Anggraeni, N. Fauziah, and I. Gustina, “IMPACT OF STRESS LEVELS ON THE MENSTRUAL CYCLE IN FINAL-LEVEL STUDENTS AT BINAWAN UNIVERSITY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 629-633, May 2022.
Section
Artikel

References

Motivasi Mahasiswa Mengerjakan Skripsi di Fakultas Kesehatan Masyarakat USU.
Prawirohardjo, S. (2009). Ilmu Kandungan. Jakarta: Yayasan Bina Pustaka.
Prawirohardjo, S. (2011). Ilmu Kandungan. Edisi Ketiga. Jakarta: Bina Pustaka Sarwono Prawirohardjo.
Priyoto. (2014). Teori Sikap dan Perilaku dalam Kesehatan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Rohan, H. H. (2017). Buku Ajar Kesehatan Reproduksi. Jakarata : Nuha Medika.http://scholar.unand.ac.id/67973/6/manuscript%20rani.pdf.
Sharma, S. (2014). Understanding Emotion Regulation and Child Abuse in Adolescence. International Journal of Innovation and Applied Studies, 6(3), 580–589. .
Sudarya I. Wayan., B. I. (2014). Analisis faktor- faktor yang mempengaruhi stres pada mahasiswa dalam penyususnan skripsi jurusan manajemen UNDIKSHA angkatan 2009. Jurnal Universitas Pendidikan Ganesha jurusan Manajemen.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sukadiyanto, S. (2010). Stress Dan Cara Menguranginya. . Jurnal Cakrawala Pendidikan, 1(1), 55–66. https://doi.org/10.21831/cp.v1i1.218.
Sunaryo. (2013). Psikologi Keperawatan. Jakarta: EGC.
Tombokan, K. C. (2017). Hubungan antara stres dan pola siklus menstruasi pada mahasiswa Kepaniteraan Klinik Madya (co-assistant) di RSUP Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Jurnal E-Biomedik, 5(1). https://doi.org/10.35790/ebm.5.1.2017.15978.
Verawaty, S. N. (2012). Merawat & Menjaga Kesehatan Seksual Wanita. Bandung: Drafindo Media Pratama.
Verawaty, S. N., & Rahayu, L. (2012). Merawat & Menjaga Kesehatan Seksual Wanita. Bandung: Drafindo Media Pratama.
Widyastuti. (2009). Kesehatan Reproduksi. Yogyakarta : Fitramaya. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/5306/4819.