STRATEGI PERTAHANAN LAUT DALAM MENGHADAPI ANCAMAN KEAMANAN MARITIM DI WILAYAH LAUT INDONESIA

Main Article Content

Ichsanul Mutaqin Ali Lukman Yudho P Dohar Sianturi

Abstract

Artikel ini menjelaskan tentang strategi pertahanan laut yang dimiliki oleh Indonesia dalam menghadapi ancaman maritim. Bangsa Indonesia memiliki keunggulan letak yang sangat strategis, namun keunggulan letak geografis dan jalur perdagangan laut strategis tersebut mengundang datangnya beberapa ancaman seperti hadirnya kekuatan militer negara-negara adidaya, munculnya pelaku kejahatan seperti penyelundupan, perdagangan manusia, narkoba dan lain-lain). Untuk itu strategi pertahanan laut yang dapat di terapkan untuk menangkal segala macam bentuk ancaman adalah dengan meningkatkan kemampuan deteksi dini di laut. Salah satunya adalah dengan cara mengoptimalkan dan memanfaatkan peran Pusat Informasi Maritim TNI yang berkolaborasi dengan para stake holder, sehingga seluruh penegak hukum di laut dapat mengetahui secara cepat indikasi akan terjadinya kejahatan. Metode penelitian yang digunakan dalam artikel ini adalah studi kepustakaan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil penelitian tulisan ini menunjukan bahwa banyak hal yang harus dibenahi dalam penerapan strategi pertahanan laut untuk menanggulangi ancaman maritim. Dibutuhkan kerjasama yang lebih intensif dan interaksi yang terintegrasi antar lembaga terkait agar upaya penaggulangan ancaman maritim dapat diminimalisir dengan efektif.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Ali, L. Yudho P, and D. Sianturi, “STRATEGI PERTAHANAN LAUT DALAM MENGHADAPI ANCAMAN KEAMANAN MARITIM DI WILAYAH LAUT INDONESIA”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 372-379, May 2022.
Section
Artikel

References

Bandoro, Bantarto. 2013. Bahan Kuliah Cohort 5- Ancaman, Resiko dan Bencana Keamanan/19 September2013. Unhan. Jakarta.
Buzan. 2007. What is national security in the age of globalisation?.London School of Economics and Political Science. London
Departemen Pertahanan Republik Indonesia. 2015. Buku Putih Pertahanan Indonesia. Departemen Pertahanan RI.
Kusumaatmadja, Mochtar, 1978. Hukum Laut Internasional, Bandung: Binacipta.
Lai, David. 2013. Asia-Pacific : A Strategic Assesment. U.S Aarmy War College Press. Carlisle Barracks.
Liss, Caroline. 2007. The Privatisation of Maritime Security-Maritime Security in Southeast Asia: Between a rock and a hard place?. Murdoch University : Publisher.
Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan RD, Cet.19. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Teo, Yun. 2007. Target Malacca Straits: Maritime Terrorism in Southeast. Asia. Studies in Conflict & Terrorism.
Wingarta, Putu. 2015. Pengembangan Ketahanan Nasional berbasis Kebhinekaan (Pendekatan Kewaspadaan Nasional). Bakohumas Lemhanas RI. Jakarta.
Suhartono, Agus. 2010. “Membangun Budaya Maritim Dan Kearifan Lokal Di Indonesia: Perspektif TNI Angkatan Laut”. International Conference on Indonesian Studies.
Yarger, Harry. 2006. “Strategic Theory for The 21st Century : The Little Book on Big Strategy”. Strategic Studies Institute : Carlisle.
Humas, “Pidato Presiden Jokowi pada KTT ke 9 Asia Timur” ( https://setkab.go.id/pidato-presiden-ri-joko-widodo-pada-ktt-ke-9-asia-timur-di-nay-pyi-taw-myanmar-13-november- 2014/) diakses pada 1 Novemrber 2020.