PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS V Indonesia

Main Article Content

Hema Widiawati Asih Wahyuningsih Ika Yulianti

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Realistik Mathemtics Education (RME) yang valid pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok pecahan campuran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D) model pengembangan 4D yaitu pendefinisian (Define), pada tahap ini peneliti melakukan analisis karakteristik siswa, Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), dan indikator. Perancangan (Desain), pada tahap ini peneliti melakukan perancangan Lembar Kerja Siswa (LKS) dengan memperhatikan prinsip-prinsip pendekatan Realistik Mathematics Education (RME). Pengembangan, pada tahap ini peneliti melakukan uji validasi pada ahli materi dan ahli kebahasaan Lembar Kerja Siswa (LKS). Penyebaran (Disseminate), peneliti tidak melakukan tahap penyebaran dikarenakan kondisi pada saat covid-19. Lembar Kerja Siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika dengan materi pokok pecahan campuran mempunyai karakteristika pada penyampaian materi ataupun kegiatan pembelajaran. Lembar Kerja Siswa (LKS) ini menerapkan pendekatan (RME) dengan ini maka Lembar Kerja Siswa (LKS) dibuat dengan memperhatikan karakteristik pendekatan (RME). Kevalidan Lembar Kerja Siswa berbasis pendekatan (RME) pada materi pokok pecahan campuran di kelas V oleh ahli materi memperoleh presentase sebesar 92% dan validasi ahli kebahasaan Lembar Kerja Siswa memperoleh presentase 90% dengan kriteria keseluruhan sangat valid, dapat dikatakan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis (RME) pada materi pokok pecahan campuran di kelas V sangat layak digunakan.

Article Details

How to Cite
[1]
H. Widiawati, A. Wahyuningsih, and I. Yulianti, “PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS REALISTIK MATHEMATICS EDUCATION (RME) DI KELAS V”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 617-620, May 2022.
Section
Artikel

References

Arikunto Suharsimi. (2006). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta
Arsyad, Azhar. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Sagala. (2011). Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta
Saputro Budiyono. (2016). Manajemen Penelitian Pengembangan (Research & Development) Bagi Penyusun Tesis dan Disertasi. Yogyakarta: Aswaja Pressindo
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan (Kuantitatif, Kualitatif, Kombinasi, R&D dan Penelitian Pendidikan). Bandung: ALFABETA