ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI MUBEAT

Main Article Content

Elviera Putri Erintasari Wibowo Aditya Prapanca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh variable user experience yakni value, desirability, adoptability, dan usability terhadap kepuasan pelanggan sebagai pengguna aplikasi Mubeat. Aplikasi ini banyak digunakan oleh penggemar untuk melakukan voting online.  Responden dalam penelitian ini adalah para penggemar musik pop Korea yang pernah berinteraksi secara langsung (menggunakan) aplikasi Mubeat. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pegujian instrument menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online serta Metode analisis data yang digunakan yakni uji asumsi klasik, uji hipotesis dan analisis regresi linier berganda. Dan dari penelitian ini didapatkan bahwa variabel user experience yang memiliki pengaruh paling tinggi yaitu usability dan desirability.

Article Details

How to Cite
[1]
E. P. Wibowo and A. Prapanca, “ANALISIS USER EXPERIENCE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN PELANGGAN PADA APLIKASI MUBEAT”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 596-602, May 2022.
Section
Artikel

References

Andharisha, L. D. (2021). ANALISIS USER EXPERIENCE APLIKASI TELEGRAM. Retrieved from http://repository.umsu.ac.id/.
Aryani, Y., & Gustian, D. (2020). Sistem Informasi Penjualan Barang Dengan Metode Regresi Linear Berganda Dalam Prediksi Pendapatan Perusahaan. JURSISTEKNI (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi) Vol 2, No. 2, 39-51.
Guo, F. (2012). More Than Usability: The Four Elements of User Experience, Part I. Retrieved Maret 20, 2022, from UXmatters: https://www.uxmatters.com/mt/archives/2012/04/more-than-usability-the-four-elements-of-user-experience-part-i.php
Henim, S. R., & Sari, R. P. (2020). Evaluasi User Experience Sistem Informasi Akademik. Jurnal Komputer Terapan Vol. 6, No. 1, 69-78.
Kartika, T., & Darminto, E. (2020). Konsep Diri Remaja Ditinjau Dari Kegemarannya Terhadap Musik Pop Korea. Bimbingan Dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Surabaya.
Khakim, M. L., & Sharif, O. O. (2018). Analisis User Experience Aplikasi Go-Jek Menggunakan Heart Metrics. e-Proceeding of Management : Vol.5, No.1, 189.
Munthe, R. D., Brata, K. C., & Fanani, L. (2018). Analisis User ExperienceAplikasi MobileFacebook(Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, 2, 2679-2688.
Putra, D. O., & Setiawan, A. (2019). The Importance of User Experience Analysis in the Design of an Education Information System Application. Advances in Social Science, Education and Humanities Research, volume 436.
Setyawan, S. I. (2019). Analisis Pengaruh Kepuasan Pelanggan. Retrieved from repository.usd.ac.id: https://repository.usd.ac.id/33051/2/142214010.