PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DI SMAN 2 PANGKEP

Main Article Content

Nurlinah . Muh. Yahya Elpisah .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran pembelajaran daring di SMAN 2 Pangkep, (2) gambaran prestasi belajar ekonomi  di SMAN 2 Pangkep, (3) pengaruh pembelajaran daring terhadap prestasi belajar ekonomi di SMAN 2 Pangkep.  Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa peminatan IPS di SMAN 2 Pangkep yang berjumlah 274 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah cluster random sampling, sehingga sampel penelitian sebanyak 55 orang. Teknik pengumpulan data digunakan adalah penyebaran angket dan teknik dokumentasi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan analisis deskriptif dalam bentuk persentase serta analisis inferensial dengan menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis (uji t). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) gambaran pembelajaran daring di SMAN 2 Pangkep secara keseluruhan berada pada kategori baik, dimana diperoleh nilai persentase sebesar 52,73 %, (2) gambaran prestasi belajar ekonomi di SMAN 2 Pangkep secara keseluruhan berada pada kategori tinggi, dimana diperoleh nilai persentase sebesar 47,27 %, (3) terdapat pengaruh signifikan pembelajaran daring terhadap prestasi belajar ekonomi di SMAN 2 Pangkep, dimana diperoleh nilai probabilitas lebih kecil dari taraf signifikan (0,021 < 0,05).

Article Details

How to Cite
[1]
N. ., M. Yahya, and E. ., “PENGARUH PEMBELAJARAN DARING TERHADAP PRESTASI BELAJAR EKONOMI DI SMAN 2 PANGKEP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 603-607, May 2022.
Section
Artikel

References

Al-Qahtani, A.A.Y & Higgins. (2013). Effect of Traditional, Blended and E-Learning on Students Achievement in Higher Education. Journal of Computer Assisted Learning. volume 29 (3). https://dro.dur.ac.uk/14921/
Djamarah, S.B. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Falcifera, dkk. (2014). Persepsi Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi (Studi Kasus Peminatan di SMA Negeri 1 Pontianak). Artikel Penelitian Universitas Tanjungpura. https://media.neliti.com/media/publicati ons/ 215248-persepsi-siswa-pada-mata-pelajaran-ekono.pdf
Ghufron, M. (2018). Revolusi Industri 4.0: Tantangan, Peluang dan Solusi Bagi Dunia Pendidikan. Seminar Nasional dan Diskusi Panel Multidisiplin. Hasil Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.
Hidayat, A., & Sadewa, P. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Eviews Terhadap Sikap Belajar dan Kemampuan Pemecahan Masalah Statistik. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, volume 4(1). https:/ /umm aspul. e-journal.id/maspuljr/article/view/253
Junaidi, A, Z (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas 8 Smpn 1 Kepanjen. Vicratina: Jurnal Pendidikan Islam, volume 6 (3). Http:// Riset.Unisma.ac.id/Index.Php/Fai/Article/Download/11734/9052
Jusmawati. (2020). Pengaruh Pembelajaran Berbasis Daring Terhadap Minat Belajar Mahasiswa Pgsd Unimerz Pada Mata Kuliah Pendidikan Matematika. Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, volume 5 (2). https://journal.unismuh.ac.id/index.php/jkpd/article/view/3934
Lede, Y.A. (2020). Efektivitas Pelaksanaan Pembelajaran Daring Program Studi Pendidikan IPA dan Pendidikan Fisika STKIP Weetebula. Jurnal Matematika, Sains, dan Pembelajarannya, volume 6 (2). https://jurnal.unsulbar.ac.id/index.php/saintifik/article/download/314/172/
Lin, et al. (2017). Kaohsiung image oriented productdesign based on Kansei Form
Composition approach. Proceedings of the 2017 IEEE International Conference on Applied System Innovation: Applied System Innovation for Modern Technology, ICASI 2017. https://doi. org/ 10.1109/ICASI.2017.7988220
Pratiwi, N.K, (2015). Pengaruh Tingkat Pendidikan, Perhatian Orang Tua dan Minat Belajar Siswa Terhadap Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Siswa SMK Kesehatan di Kota Tangerang. Jurnal Pujangga, volume 1 (2). http://journal. unas.ac.id /pujangga/issue/ view/45
Puspaningtyas, N.D & Dewi, P.S. (2020). Persepsi Peserta Didik Terhadap Pembelajaran Berbasis Daring. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, volume 3 (6). https://journal.ikipsi liwangi.ac.id/ index. php/jpmi/article/view/5683
Radita, N, dkk. (2018). Eksperimentasi Pembelajaran Matematika Diskrit Moda Daring pada Program Studi Teknik Informatika. Journal of Matematics Education science and Technology, volume 3 (2) http://journal.um-surabaya.ac.id/ index. php/matematika/article/view/1984
Robin, M & Frank, R. (2006). E-learning: The key concepts. New York: Routledg.
Setyosari & Punaji. (2015). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan Edisi ke Empat. Jakarta: Prenadamedia Group.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Pustaka Indonesia.
Syarifudin, B. (2010). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Utami, N, G.K. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring Sinkronus dengan Zoom Meeting Berbantuan Kahoot Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Negara. Tesis: Universitas Pendidikan Ganesha. https://repo.undiksha .ac.id/2107/.
Wulantina, S. M. (2019). Persepsi Peserta Didik terhadap Metode Blended Learning dengan Google Classroom. Jurnal Inovasi Matematika, volume 1 (2). https://doi.org/ 10.35438/inomatika.v1i2.156