PENGARUH PROGRAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS

Main Article Content

Hasmiati . Muhammad Yunus Elpisah .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) gambaran program Kelompok Kerja Guru (KKG), (2) gambaran profesionalisme guru, dan (3) pengaruh program Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap profesionalisme guru di kecamatan Mandai kabupaten Maros. Jenis penelitian adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru peserta KKG yang berjumlah 190 orang berada di SD kecamatan Mandai. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah menggunakan teknik purposive sampling, maka dipilih 4 sekolah dengan jumlah 40 orang. Teknik pengumpulan data digunakan adalah pengisian angket dan teknik dokumentsi. Adapun teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif dalam bentuk persentase serta analisis inferensial dengan menggunakan uji prasyarat analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) gambaran program Kelompok Kerja Guru (KKG) secara deskriptif, cenderung berada pada kategori baik dengan persentase sebesar 70 %, (2) gambaran profesionalisme guru  secara deskriptif, cenderung berada pada kategori tinggi dengan persentase sebesar 62,5 %, (3) terdapat pengaruh signifikan program Kelompok Kerja Guru (KKG) terhadap profesionalisme guru di kecamatan Mandai kabupayen Maros, dimana besarnya nilai thitung > ttabel yaitu 2,529 > 1,686.

Article Details

How to Cite
[1]
H. ., M. Yunus, and E. ., “PENGARUH PROGRAM KELOMPOK KERJA GURU (KKG) TERHADAP PROFESIONALISME GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN MANDAI KABUPATEN MAROS”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 612-617, May 2022.
Section
Artikel

References

Anonim. (2010). Dinamika Pendidikan. Yogyakarta: UNY
Barnawi & Arifin. (2014). Kinerja Guru Profesional: Instrumen Pembinaan, Peningkatan dan Penilaian. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Husein, U. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi dan Tesis Bisnis Edisi 11. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
Khasanah, L.P, dkk. (2018). Implementasi Kelompok Kerja Guru (KKG) dalam Pelaksanaan Tugas Guru (Studi Deskriptif Kuantitatif di PAUD Gugus Anyelir Kecamatan Muara Bangkahulu Kota
Bengkulu). Jurnal Ilmiah Potensia, Volume 3 (1). https://ejournal.unib.ac.id/ index.php/ potensia/article/download/2965/3200
Koswara, H. (2008). Bagaimana Menjadi Guru Kreatif?. Bandung: PT Pribumi Mekar.
Kunandar. (2011). Guru Profesional. Jakarta: Rajawali
Masruroh. Z.N. (2016). Pengaruh Supervisi Pengawas, Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kompensasi Terhadap Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam di SDN Se Kecamatan Wonosegoro Tahun Pelajaran 2015-2016. Tesis. Institut Agama Islam Negeri Salatiga. http://e-repository.perpus. iainsalatiga.ac.id/1003/
Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Sudiyanto. (2008). Pengaruh Supervisi, Pendidikan dan Pelatihan, Serta Partisipasi dalam Kelompok Kerja Guru Terhadap Profesional Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Semarang Utara Kota Semarang. Tesis: Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/16733/1/ 11 03506011.pdf
Sumadji. (2013). Revitalisasi KKG Upaya Meningkatkan Mutu Pendidikan. http:// pendidikan.probolinggokab.go.id.
Suparlan. (2008). Menjadi Guru Efektif. Jakarta: Hikayat Publishing.
Suprihatiningrum, J. (2016). Strategi Pembelajaran. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media
Syarafudin, H.M & Ikawati, H.D. (2015). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Profesionalisme Guru. Jurnal Cahaya Mandalika, Volume 1 (2). https://ojs. cahayamandalika.com/index.php/JCM/article/view/87
Trimo. (2007). Studi Kasus Pelaksanaan Kelompok Kerja Guru (KKG), Artikel Pendidikan Network: Jawa Tengah. http: //researchengines.com/0807trimo1.html,
Wahyuningsih, S. (2017). Pengaruh Supervisi Pendidikan Terhadap Kemampuan Profesional Guru Dan Implikasinya Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Madrasah Ibtidaiyah Negeri Se-Kabupaten Banyumas. Tesis: Institut Agama Islam Negeri Purwokerto. http://repository.iain purwokerto.ac.id/2788/1/Sri%20Wahyuningsih_Pengaruh%20Supervisi%20Pendidikan%20terhadap%20Kema.pdf