KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI MA. AL-MANDILY

Main Article Content

Erwin Siregar Erni Suryani

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dengan mengacu pada UU No 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen. Berdasarkan peraturan perundang-undangan, maka guru wajib menguasai empat kompetensi yang salah satunya adalah kompetensi pedagogik. Sebagai seorang guru yang telah disertifikasi seharusnya mampu menerapkan kompetensi pedagogik. Namun dalam pembelajaran masih terdapat sebagian guru belum menerapkan kompetensi pedagogik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan implementasi kompetensi pedagogik, mengidentifikasi kendala yang ditemui dalam mengimpelementasikan kompetensi pedagogik dan mengidentifikasi usaha apa saja yang dilakukan dalam meningkatkan kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Informan dalam penelitian ini ditentukan dengan cara purposive sampling. Jenis datanya adalah data primer dan sekunder. Data dikumpulkan melalui observasi, dokumentasi, dan wawancara. Uji keabsahan data menggunakan triangulasi sumber data. Data kemudian dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi  data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, bahwa guru sudah memahami konsep kompetensi pedagogik. Namun keadaan dilapangan menunjukkan, bahwa sebagian guru masih kurang menerapkan kompetensi pedagogik dengan baik pada indikator pemahaman terhadap peserta didik dan pengembangan potensi peserta didik. Kendala yang dihadapi guru dari faktor internal, yaitu guru memiliki waktu yang tidak cukup dalam pelaksanaan pembelajaran, kondisi kesehatan yang tidak fit, kurang mengikuti berbagai pelatihan dan kesiapan mengajar guru yang belum matang. Faktor eksternal, yaitu berasal dari sekolah untuk memfasilitasi guru dalam mengajar. Guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogik telah mengikuti berbagai pelatihan, seminar, MGMP dan kegiatan lainnya. Dari pihak sekolah sudah berupaya memenuhi kebutuhan guru dalam kegiatan pembelajaran. Dilihat dari hasil temuan, maka dalam implementasi kompetensi pedagogik guru sejarah di MA. Al-Mandily belum terlaksana dengan baik. Kendala yang ada berasal dari guru dan juga sekolah dalam memfasilitasi pelaksanaan pembelajaran.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Siregar and E. Suryani, “KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SEJARAH DI MA. AL-MANDILY”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 624-628, May 2022.
Section
Artikel

References

Azwar Ananda, dkk. 2004. Model Layanan Profesional Pembelajaran dan Penilaian PKn. Balitbang : Depdiknas.
Burhan Bungin. 2007. Analisis Data Penelitian Kualitatif. Jakarta : PT. Remaja.
Daryanto. 2011. Media Pembelajaran. Bandung : PT. Sarana Tutorial Nurani Sejahtera.
Djam’an Satori dan Aan Komariah. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Alfabeta.
E. Mulyasa. 2012. Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
. 2009. Implementasi KTSP Kemandirian Guru dan Kepala Sekolah. Jakarta : Bumi Aksara.
Hamzah B. Uno. 2009. Model Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.
. 2011. Profesi Kependidikan. Jakarta : Bumi Aksara.
_____________. 2009. Perencanaan Pembelaran. Jakarta : Bumi Aksara.
Hasbullah. 2005. Dasar-dasar Ilmu Pendidian. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.
Lexy J. Moleong. 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosda karya.
Miles dan Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif. Jakarta : UI Press.
Moch. Uzer Usman. 2010. Menjadi Guru Profesional. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.
Nana Syaodih Sukmadinata. 2006. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya.
R. Moh. Ali. 2005. Pengantar Ilmu Sejarah Indonesia. Yogyakarta: LKIS
R. Wiriatmadja. 1998. Landasan Filosofis Kurikulum Pembelajaran Sejarah (SMU) Tantangan dan Harapan; Simposium Pembelajaran Sejarah. Jakarta: Depdikbud.
Saud Udin Saefudin. 2009. Pengembangan Profesi Guru. Bandung : CV. Alfabeta.
Sartono Kartodirdjo. 1990. Kebudayaan Pembangunan dalam Perspektif Sejarah. Yogyakarta: Gajah Mada Uiversity Press
Suryosubroto. 2004. Manajemen Pendidikan di Sekolah. Jakarta : PT. Rineka Cipta.
Syaiful Sagala. 2009. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung : Alfabeta.
____________. 2009. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung : Alfabeta.
Wina Sanjaya. 2011. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.