PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EVALUASI FORMATIF DAN GAYA KOGNITIF PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Main Article Content

Isep Djuanda Sri Andriyani

Abstract

Secara umum, tujuan penelitian untuk menganalisis bagaimana hasil belajar siswa pada pelajaran ilmu pengetahuan sosial (IPS) dapat ditingkatkan melalui evaluasi formatif dan gaya kognitif. Secara khusus, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui secara empiris tentang perbedaan hasil belajar siswa pada pelajaran IPS ditinjau dari evaluasi formatif dan gaya kognitif. Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah faktorial 2 x 2 dengan tiga variabel, yaitu evaluasi formatif (X1),  gaya kognitif siswa (X2), dan hasil belajar IPS (Y). Uji t dilakukan setelah Tehnik ANAVA dua arah dilakukan. Setelah data terkumpul, selanjutnya akan dianalisis menggunakan statistik deskriptif dan uji persyaratan data (uji normalitas dan  uji homogenitas). Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas 5 SD Al Muslim sebanyak 120 orang. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah Multistorage Random Sampling. Penentuan sampel penelitian berdasarkan hasil pengukuran sikap siswa pada dua kelas eksperimen, dengan mengambil 33% siswa pada kelompok bawah dan 33% siswa kelompok atas. Hasil penelitian menunjukan: 1) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitf reflektif dengan gaya kognitif impulsif pada pelajaran IPS; 2) Terdapat pengaruh interaksi antara evaluasi formatif dan gaya kognitif siswa terhadap hasil belajar siswa pada pelajaran IPS; 3) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif yang diberikan evaluasi formatif esai dengan evaluasi formatif pilihan ganda pada pelajaran IPS. 4) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif impulsif yang diberikan evaluasi formatif esai dengan evaluasi formatif pilihan ganda pada pelajaran IPS; 5) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dengan gaya kognitif impulsif yang sama-sama diberikan evaluasi formatif esai pada pelajaran IPS; 6) Terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif reflektif dengan gaya kognitif impulsif yang sama-sama diberikan evaluasi formatif pilihan ganda.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Djuanda and S. Andriyani, “PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MELALUI EVALUASI FORMATIF DAN GAYA KOGNITIF PADA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 10, no. 2, pp. 643-647, May 2022.
Section
Artikel

References

Abd.Rahman A.Ghani, 2012, Tes Formatif dan Kemandirian Belajar Pengaruh-nya terhadap hasil belajar , Jakarta : Uhamka Press.
Anas Sudijono, 2013, Pengantar Evaluasi Pendidikan , Jakarta : Rajawali Press.
Desmita, 2009, Psikologi Perkembangan Peserta Didik , Bandung : Remaja Rosda Karya.
Eko Putro Widoyoko,2013, Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian, Yogya-karta : Pustaka Belajar.
Endang Kurniawan, 2009. Pengaruh Bentuk Tes Formatif Dan Gaya Kognitif Terhadap Hasil Belajar Membaca Bahasa Indonesia, Tesis Tidak dipublikasikan, UNJ
Hamzah B.Uno, 2012, Orientasi baru dalam Psikologi Pembelajaran, Jakarta : Bumi Aksara
Jafar Ahiri, 2008, Teknik Penilaian kelas dalam pembelajaran, Jakarta : Uhamka Press
Nana Sudjana, 2009, Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar, Bandung: Remaja Rosda Karya
Ngalim Purwanto, 2010 , Prinsip-prinsip evaluasi pengajaran, Bandung : Remaja Rosda Karya,
Santosa Murwani, 2007, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Jakarta : Uhamka Press.
Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung:Alfabeta.
W.S. Winkel, 2012, Psikologi Pengajaran , Yogyakarta : Media Abadi.
Zainal Aripin, 2013, Evaluasi Pembelajaran, Bandung: Remaja Rosdakarya.