PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ONOLALU TAHUN PELAJARAN 2014-2015

Main Article Content

ASKARMAN LAIA

Abstract

Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, keterampilan  siswa menulis puisi di kelas VIII SMP negeri 3 Onolalu masih rendah. Tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah pendekatan Saintifik dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Onolalu dan (2) Untuk mengetahui bagaimana peningkatan kemampuan menulis puisidengan menggunakan  pendekatan Saintifik siswa kelasVIII SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pembelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan  Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian Tindakan Kelas adalah penelitian yang dilakukan oleh guru dengan tujuan memperbaiki mutu praktik pembelajaran di kelasnya. Penelitian Tindakan Kelas ini dilakukan  di SMP Negeri 3 Onolalu dengan jumlah siswa 21 orang, laki-laki 9 orang dan perempuan 12 orang.  Adapun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah keterampilan kemampuan siswa dalam menulis puisi melalui pendekatan Saintifik. Proses dalam penelitian  ini dilaksanakan sebanyak dua siklus. Setiap siklus meliputi empat tahap yaitu (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi, (4) refleksi. Instrumen yang digunakan  dalam penelitian ini yaitu nontes dan tes. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data kualitatif dan teknik analisis data kuantitatif. Berdasarkan analisis data penelitian, kemampuan siswa menulis puisi adanya peningkatan. Hal ini tampak pada siklus I dan II. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 66,23 atau 33,33% dan pada siklus II nilai rata-rata siswa mencapai 75,48 atau 90,47%.

Article Details

How to Cite
[1]
A. LAIA, “PENERAPAN PENDEKATAN SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 3 ONOLALU TAHUN PELAJARAN 2014-2015”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 3, p. 99, Aug. 2018.
Section
Artikel