PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XSMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Erlina Sari Harahap

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh kebiasaan  belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) terhadap prestasi belajar siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi  DI Kelas XSMA Negeri7Padangsidimpuan. Hasil penelitian membuktikan bahwa faktor kebiasaan belajar dan kecerdasan intelektual (IQ) secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di Kelas X SMA  Negeri 7 Padangsidimpuan. Hal ini terbukti dari hasil yang diperoleh yaitu f hitung sebesar 13,205 dan nilai signifikan sebesar 0.000. Artinya f hitung< f tabel  (0.000 < 0.05). Hal ini berarti bahwa jika siswa mempunyai sikap serta kebiasaan belajar yang baik dan mempunyai tingkat kemampuan intelegensi (IQ) yang tinggi tentunya akan meningkatkan prestasi belajar siswa.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Harahap, “PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN KECERDASAN INTELEKTUAL (IQ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI KELAS XSMA NEGERI 7 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 1, Jan. 2019.
Section
Artikel