PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE GLOBAL PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE GLOBAL PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN

Main Article Content

SRI MAHRANI HARAHAP

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini yaitu kemampuan membaca pemahaman mahasiswa yang masih rendah sehingga belum mencapai ketuntasan yang diharapkan. Pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah, serta ketidaktepatan mahasiswa dalam pemilihan cara pembelajaran yang digunakan dosen merupakan beberapa factor yang menjadi penyebab masalah. Faktor yang lain, yaitu kurangnya motivasi untuk membaca dan memahami bahan bacaan hal ini bersumber dari mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses peningkatan kemampuan membaca pemahaman dan mendeskripsikan faktor pendukung dan penghambat kegiatan membaca pemahaman mahasiswa melalui metode global. Penelitian ini merupakan peneltian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan menggunakan metode deskriptif. Data penelitian ini diambil dari hasil tes, hasil catatan lapangan, lembar observasi,  wawancara, dan angket mahasiswa terhadap pembelajaran membaca pemahaman melalui pemaham Metode global mahasiswa semester II Institut Pendidikan Tapanuli Selatan Padangsidimpuan pada tahun pelajaran 2018-2019 yang berjumlah 28 orang. Prosedur pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran, pelaksanaanya dilakukan dalam empat kali pertemuan dan peneliti berkolaborasi dengan dosen bahasa Indonesia. Adapun temuan penelitian menunjukkan bahwa pemahaman terhadap Metode global dapat meningkatkan kemampuan membaca pemahaman mahasiswa. Berdasarkan penelitian yang sudah dilakukan diperoleh hasil sebagai berikut. Pada siklus I, rata-rata hasil kemampuan membaca pemahaman mahasiswa semester II adalah 72,20. Adapun permasalahan yang terjadi pada siklus I ini adalah, (1) masih belum mampunya mahasiswa memahami materi bacaan dengan baik, (2) masih belum mampunya mahasiswa mengungkapkan kembali materi yang disimaknya, dan (3) mahasiswa kurangnya kepercayaan diri dalam bersosialisasi dalam lingkungan sekitarnya. Pada siklus II, hasil rata-rata kemampuan membaca pemahaman mahasiswa semester II meningkat, yaitu 79,90. Setelah dilaksanakan penelitian, diperoleh hasil yang tampak dalam pembelajaran kemampuan membaca pemahaman melalui penggunaan metode global antara lain seperti mahasiswa merasa lebih senang, lebih bersemangat, lebih aktif dan lebih mandiri dalam melaksanakan tugasnya, mahasiswa juga lebih mampu memahami materi bacaan melalui metode global.

Article Details

How to Cite
[1]
S. HARAHAP, “PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN MELALUI METODE GLOBAL PADA MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA INSTITUT PENDIDIKAN TAPANULI SELATAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 91, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Adler, Mortimer J. , dan Charles Van Doler. 1986. Cara Membaca Buku dan Memahaminya. Jakarta: Panjta Simpati.
Ahuja, Pramila dan G.C. Ahuja. 2010. Membaca Secara Efektif dan Efisien. Jakarta: Kiblat.
Djiwatampu, Meithy. 1995. Membaca untuk Belajar. Jakarta: Balai Pustaka.
Nurgiyantoro, Burhan. 2010. Penilaian dan Pembelajaran Bahasa Berbasis Kompetensi. Yogyakarta: BPFE.

Nurhadi. 2003. Metode Kontekstual (Contekstual Teaching and Learning). Jakarta: Dirjen Dikdasmen.
_______. 1989. Membaca Cepat dan Efektif. Bandung : Sinar Baru Algesindo.
Purwanto, M. Ngalim dan Djeniah. 1997. Metodologi Pengajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Dasar. Jakarta: PT Rosdakarya.
Rich, Dorothy. 2008. Sukses untuk Anak-anak Sekolah Menengah. Jakarta: Indeks.
Sanjaya, Wina. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.
_______. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Prenada Media Group.
Suparno, Paul. (2011). Teori Perkem-bangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius.
Tampubolon, D.P. 1987. Kemampuan Membaca Metode Membaca Efektif dan Efisien. Bandung : Angkasa.
Tarigan, H.G. 1986. Membaca Suatu Kemampuan Berbahasa. Bandung : Angkasa.
Wainwright, Gordon. 2006. Speed Reading Better Recalling. Jakarta: Gramedia.