KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN

Main Article Content

Salman Al Paris Sormin

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi pemahaman siswa tentang konsep-konsep sejarah terhadap kemampuan berfikir kritis dalam pembelajaran sejarah. Metode penelitian yang digunakan untuk memecahkan permasalahan penelitian ini menggunakan metode eksperimen bentuk one group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 6 Padangsidimpuan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik random sampling, diperoleh sampel penelitian sebanyak 44 orang. Teknik analisis menggunakan dua metode yaitu; analisis deskriptif dan analisis statistik dengan menggunakan rumus uji-t (t-tes) . Temuan penelitian menunjukkan, dari hasil analisis deskriptif terhadap kedua variabel diperoleh skor rata-rata pembelajaran berbasis masalah 75,3. Sedangkan skor rata-rata berfikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah sebelum menggunakan model pembelajaran berbasis masalah 69,12 dan skor rata-rata berfikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis masalah sebesar 79,46. Selanjutnya hasil analisis statistik diperoleh nilai  sebesar 7,982 apabila dibandingkan dengan rtabel pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = N - 2 = 44 – 2 = 42 diperoleh ttabel 2,02. Dengan demikian dapat diketahui bahwa skor t-tes lebih besar dari pada ttabel (7,982 > 2,02). Berdasarkan hasil perbandingan nilai tersebut, maka hipotesis alternatif dapat diterima. artinya “terdapat kontribusi model pembelajaran berbasis masalah terhadap kemampuan berfikir kritis siswa dalam pembelajaran sejarah”.

Article Details

How to Cite
[1]
S. Sormin, “KONTRIBUSI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH PADA SISWA KELAS XI SMA NEGERI 6 PADANGSIDIMPUAN”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 1, p. 140, Jan. 2019.
Section
Artikel