PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2018/2019

Main Article Content

Mariatul Kubtiyah Ritonga

Abstract

Dilihat dari hasil belajar siswa Kelas X SMK Negeri 4 Padangsidimpuan tentang hasil belajar sejarah Siswa pada materi Perusahaan jasa dan Perusahaan dagang  masih rendah atau belum mencapai kriteriaan ketuntasan minimum, dari latar belakang tersebut peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk mengetahui apakah ada Pengaruh Pemberian reward Terhadap Prestasi Belajar  Siswa  Kelas X  SMK Negeri 4 Padangsidimpuan. Tempat dan waktu penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 4 Padangsidimpuan dengan menggunakan metode eksprimen untuk mengetahui ada tidaknya akibat dari suatu  yang dikenakan kepada subjek selidik, adapun populasi dalam penelitian ini adalah Kelas X SMK Negeri 4 Padangsidimpuan yang jumlah keseluruhannya 276 siswa dengan Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cara Teknik Cluster Sampling, dengan demikian jumlah  sampel penelitian ini berjumlah 64 orang, kemudian di uji dengan uji t-tes. Perhitungan terhadap kedua variabel diperoleh dengan menggunakan Angket dan tes, nilai rata-rata penggunaan pemberian Reward sebesar  2,79 apabila dibandingkan dengan kriteria penilaian berada pada kategori “Baik”. Nilai rata-rata dari Prestasi belajar  sebelum pelaksanaan  di kelas X SMK Negeri 4 Padangsidimpuan 70,93. Apabila dikonsultasikan pada kriteria penilaian, maka nilai tersebut berada pada kategori “Baik”. Nilai rata-rata dari Prestasi belajar  siswa sesudah pemberian reward di Kelas X SMk Negeri 4 Padangidimpuan sebesar 79,37. Apabila dikonsultasikan pada kriteria penilaian, maka nilai tersebut berada pada kategori “Baik”. Hasil perhitungan diperoleh thitung sebesar 7,95. Apabila dibandingkan dengan ttabel pada taraf kepercayaan 95% atau tingkat kesalahan 5% dengan derajat kebebasan (dk) = N – 2 = 32 – 2 = 30 sehingga ttabel diperoleh nilai 2,04. Dengan demikian dapat diketahui bahwa nilai thitung lebih besar dari pada ttabel (7,95 > 2,04). Berdasarkan hasil perbandingan nilai tersebut, maka hipotesis alternatif yang di tegakkan diterima atau disetujui. Artinya: “terdapat pengaruh yang signifikan antara pemberian reward Terhadap Prestasi Belajar  Siswa di Kelas X  SMK Negeri 4 Padangsidimpuan.

Article Details

How to Cite
[1]
M. Ritonga, “PENGARUH PEMBERIAN REWARD DALAM PROSES PEMBELAJARAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X KOMPETENSI KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN TAHUN AJARAN 2018/2019”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 24, Apr. 2019.
Section
Artikel