PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS VII.8 SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017

Main Article Content

Efrida Hanum Harahap

Abstract

Berdasarkan pengamatan peneliti di kelas VII.8 SMP Negeri 4 Padangsidimpuan, terlihat masalah-masalah praktis dalam menulis puisi, dimana kemampuan siswa menulis puisi masih rendah. Kesulitan yang dihadapi siswa itu terlihat dari kesulitan siswa menentukan ide pokok yang akan dikembangkan, kesulitan dalam menentukan diksi, rima ataupun irama. Untuk itu tujuan dari penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII.8 SMP Negeri 4 Padangsidimpuan.Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus, yang dilakukan secara kolaboratif. Data penelitian berupa informasi tentang proses dan hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan dan catatan-catatan setiap tindakan perbaikan pada setiap siklus. Sumber data adalah proses pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan peta konsep.Hasil penelitian dari setiap pertemuan yang dilaksanakan dalam penelitian ini terlihat peningkatan kemampuan menulis puisi siswa. Dari penilaian hasil terlihat peningkatan dari siklus I ke siklus II hal itu dapat dilihat dari nilai rata-rata keterampilan menulis puisi siswa adalah 72.2 dengan ketuntasan klasikal sebesar 59,4%. Selain itu, rata-rata nilai peta konsep yang diperoleh oleh siswa pada siklus I ini adalah 74,2 % dengan ketuntasan klasikal sebesar 71,8%. Sedangkan pada siklus II rata-rata nilai mencapai 85.3 dengan ketuntasan klasikal sebesar 84,4% dan rata-rata nilai peta konsep yang diperoleh oleh siswa pada siklus II pun sudah mencapai rata-rata 83,1 dengan ketuntasan klasikal 87,5%.

Article Details

How to Cite
[1]
E. Harahap, “PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN PETA KONSEP BAGI SISWA KELAS VII.8 SMP NEGERI 4 PADANGSIDIMPUAN T.A 2016/2017”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 3, no. 4, p. 52, Mar. 2019.
Section
Artikel