SCDV (STUDENT-CREATED DIGITAL VIDEOS) IN FLIPPED CLASSROOM WITHIN PEDAGOGICAL PRINCIPLES

Main Article Content

Intan Rachmatillah Ahmad Munir Syafiul Anam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan SCDVs (video digital yang dibuat siswa) dalam Flipped classroom (kelas terbalik). Flipped classroom merupakan kegiatan belajar yang membalik kegiatan di kelas dan juga di rumah. Ini menjadi strategi yang baik dalam belajar menciptakan suasana yang berbeda dengan menggunakan teknologi terhadap aktivitas siswa. Dalam studi ini, peneliti mencoba untuk melibatkan SCDVs (video digital buatan siswa) sebagai proyek siswa yang diposting di Saluran YouTube di luar kelas dan dalam kegiatan kelas. Studi ini menggunakan desain penelitian kualitatif untuk mengetahui bagaimana penerapan media sosial "YouTube" sebagai jembatan SCDVs (video digital yang dibuat siswa) dan praktik pembelajaran baru di kelas terbalik. Subjek penelitian dalam penelitian ini adalah siswa kelas X sains 1 dan seorang guru SMA Negeri 1 Kedamean di wilayah Kabupaten Gresik. Untuk mengumpulkan data, observasi akan digunakan untuk mengeksplorasi secara mendalam tentang media sosial online dalam pembelajaran dalam tujuan pedagogik. Penelitian ini telah membuktikan bahwa pendidik tentu dapat menarik manfaat dari masalah yang sedang berlangsung di situs jejaring sosial karena dapat memberikan kontribusi positif bagi prestasi siswa dalam pembelajaran dan keterampilan bahasa.

Article Details

How to Cite
[1]
I. Rachmatillah, A. Munir, and S. Anam, “SCDV (STUDENT-CREATED DIGITAL VIDEOS) IN FLIPPED CLASSROOM WITHIN PEDAGOGICAL PRINCIPLES”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 76, Apr. 2019.
Section
Artikel