PERBEDAAN HASIL BELAJAR PKn MATERI POKOK PEMBELAAN TERHADAP NEGARA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SISWA KELAS IX SMP

Main Article Content

Arwani Rahmawati

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan nilai rata-rata hasil belajar PKn antara siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimen semu. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX UPTD SMPN 2 dan 3 Torjun Sampang sebanyak 92 orang. Teknik pengumpulan data adalah metode tes tertulis yang digunakan untuk mengumpulkan data hasil belajar PKn siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t atau t-test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa thitung (14,990) > ttabel (1,987) atau nilai probabilitas (p) < 0,05 dalam taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan nilai rata-rata hasil belajar PKn antara siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan siswa yang mendapat perlakuan model pembelajaran cooperative learning tipe STAD.

Article Details

How to Cite
[1]
A. Rahmawati, “PERBEDAAN HASIL BELAJAR PKn MATERI POKOK PEMBELAAN TERHADAP NEGARA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DAN COOPERATIVE LEARNING TIPE STAD SISWA KELAS IX SMP”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 123, May 2019.
Section
Artikel