Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Pada Materi Program Linear Untuk Kelas XI SMK

Main Article Content

Kustianah .

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk yang berupa perangkat pembelajaran matematika berbasis multimedia yang layak dan efektif untuk meningkatkan hasil belajar siswa terhadap materi program linear di Kelas XI SMK Negeri 1 Pungging Mojokerto terutama bagi siswa Prakerin. Penelitian pengembangan ini menggunakan model Luther yang terdiri dari enam tahap yaitu Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing dan Distribution. Data pada penelitian ini ada 2 macam yaitu data kualitatif yang diperoleh dari ahli materi dan ahli media serta angket respon siswa dan data kuantitatif yang berupa hasil pre test dan post test dari 32 siswa. Dari analisis data disimpulkan bahwa (1) perangkat pembelajaran berbasis multimedia dinyatakan layak berdasarkan hasil validasi ahli materi dan hasil validasi ahli media, (2) perangkat pembelajaran berbasis multimedia dinyatakan efektif yang dibuktikan dengan respon siswa positif dan ketuntasan belajar siswa mengalami kenaikan sebesar 59,37% dari 28.13% menjadi 87.5%.

Article Details

How to Cite
[1]
K. ., “Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Berbasis Multimedia Pada Materi Program Linear Untuk Kelas XI SMK”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 128, May 2019.
Section
Artikel