PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI

Main Article Content

Nur Achmadi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perbedaan kemampuan berbicara antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan siswa yang diajarkan menggunakan metode diskusi. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas VI MI Ianatul Latifiyah Arosbaya dan MI Husnul Khotimah Burneh Bangkalan sebanyak 80 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah instrumen observasi kemampuan berbicara. Teknik pengumpulan data adalah metode observasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji t atau t-test. Hasil uji t menunjukkan bahwa thitung (2,540) > ttabel (1,991) atau nilai sig. (0,013) < 0,05 dalam taraf signifikansi 5%. Hal ini berarti terdapat perbedaan yang signifikan kemampuan berbicara antara siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) dan siswa yang diajarkan menggunakan metode diskusi.

Article Details

How to Cite
[1]
N. Achmadi, “PENGARUH PENGGUNAAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) TERHADAP KEMAMPUAN BERBICARA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 136, May 2019.
Section
Artikel