E-Learning Media Development with the Utilization of Moodle Applications as Learning Materials for English in Class X Students at Petra Christian Vocational School Surabaya

Main Article Content

Ign Hendra Wicaksono

Abstract

ABSTRAK


Wicaksono, Ign. Hendra. 2019. Pengembangan Media E-Learning dengan Pemanfaatan Aplikasi Moodle Sebagai Bahan Ajar Bahasa Inggris pada Siswa Kelas X di SMK Kristen Petra Surabaya. Tesis, Program Studi Teknologi Pendidikan, Program Pascasarjana, Universitas PGRI Adibuana Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Mustaji, M.Pd., (2) Dr. Retno Danu R, M.Pd.



  1. Don.ignasius@gmail.com; 2. mustaji@unesa.ac.id; 3. retno.danu@unipasby.ac.id


 


Kegiatan pembelajaran dikelas pada umumnya masih teacher center atau proses pembelajaran satu arah, yang dimaksudkan adalah guru sebagai satu-satunya sumber belajar. Secara teknis siswa dan guru hanya berinteraksi melalui sebuah penjelasan dan pertanyaan yang disampaikan guru kepada siswa. Kemudian siswa hanya mencatat dan menjawab pertanyaan yang telah dijelaskan. Sistem pembelajaran seperti ini membuat siswa malas untuk aktif dan berpartisipasi dalam proses pembelajaran. Siswa akan terbiasa dengan segala sesuatu yang otomatis, belum mampu berpikir kreatif dan tidak mampu untuk memberikan keputusan sendiri karena siswa tidak dilibatkan secara langsung. Media e-learning  untuk membuat suatu perubahan sikap dan pola belajar siswa serta lingkungannya sangat dibutuhkan. Pengamatan tentang teknis proses pembelajaran secara analisis Nampak bahwa siswa akan bersikap aktif, mampu berpartisipasi dan mampu berbicara secara langsung jika menggunakan media e-learning  dalam proses pembelajarannya.


Sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka tujuan pengembangan ini adalah : (1) Menghasilkan media e-learning yang layak dengan pemanfaatan aplikasi moodle sebagai bahan ajar bahasa Inggris pada siswa kelas X di SMK Kristen Petra Surabaya. (2) Menghasilkan media e-learning yang efektif dengan pemanfaatan aplikasi moodle sebagai bahan ajar bahasa Inggris pada siswa kelas X di SMK Kristen Petra Surabaya.


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan. Dikatakan penelitian pengembangan, dikarenakan dalam penelitian ini menyimpulkan suatu produk. Dalam penelitian ini diarahkan untuk mengembangkan media e-learning dengan pemanfaatan aplikasi Moodle sebagai bahan ajar bahasa inggris dalam upaya peningkatan daya tarik peserta didik terhadap pembelajaran bahasa inggris dan meningkatkan efektifitas pembelajaran.


Uji coba produk dilakukan melaui dua cara, yaitu secara teoritis dan secara empiris. Secara teoritis, uji coba dilakukan terhadap materi dan media e-learning dengan penilai ahli materi sedangkan secara empiris dilakukan uji coba produk pengembangan yang penilaiannya dilakukan oleh pendidik dan peserta didik. bahwa pengembangan media pembelajaran e-learning dengan pemanfaatan aplikasi moodle (1) Menarik untuk peserta didik dan (2) Membantu tugas pendidik dalam meningkatkan efektivitas pembelajaran di SMK Kristen Petra Surabaya.


 


Kata-kata kunci: Media e-learning, moodle, bahan ajar, Bahasa Inggris

Article Details

How to Cite
[1]
I. Wicaksono, “E-Learning Media Development with the Utilization of Moodle Applications as Learning Materials for English in Class X Students at Petra Christian Vocational School Surabaya”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 2, p. 151, May 2019.
Section
Artikel