PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI

Main Article Content

Mesak Mantek Lisye Iriana Zebua Puguh Sujarta

Abstract

Pembelajaran konvensional di dalam kelas sering dianggap oleh siswa sebagai sesuatu hal yang tidak menarik dan membosankan. Hal ini merupakan salah satu penyebab rendahnya motivasi dan hasil belajar peserta didik. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti memanfaatkan lingkungan sekitar sebagai media untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dengan menerapkan model Problem Based Learning (PBL). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan Penguasaan Konsep peserta didik dengan model PBL yang memanfaatkan media lingkungan pada materi keanekaragaman hayati (kehati). Metode penelitian menggunakan  metode design single study yaitu desain penelitian dengan kasus tunggal. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X, SMAN 1 Arso dan SMAN 2 Skanto tahun ajaran 2018/2019 dengan jumlah total 125 siswa. Pengambilan sampel penelitian menggunakan tekhnik purposive sampling dan dilanjutkan dengan Cluster random sample (tekhnik sampel area). Hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik dengan menggunakan PBL. Hal ini terlihat dari nilai rata-rata peserta didik yang mengalami peningkatan. Nilai rata-rata pretest untuk kelas konvensional pada penguasaan konsep kehati adalah 30,3. Nilai rata-rata postest untuk penguasaan konsep kehati adalah 62.6. Nilai rata-rata pretest untuk kelas eksperimen pada penguasaan konsep kehati adalah 33,9. Nilai rata-rata postest untuk penguasaan konsep kehati adalah 75,4. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa Penggunaan model pembelajaran PBL dengan lingkungan sebagai media pendukung pembelajaran dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik di SMA Kabupaten Keerom. 


 

Article Details

How to Cite
[1]
M. Mantek, L. Zebua, and P. Sujarta, “PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP MATERI KEANEKARAGAMAN HAYATI”, JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, vol. 7, no. 3, p. 126, Jul. 2019.
Section
Artikel

References

Anita, Sri. 2008. Strategi Pembelajaran di SD. Jakarta. Universitas terbuka
Anggraito U, A Nugroho & D Palupi. 2006. Peningkatan Aktivitas Peserta didik dalam Kerja Ilmiah melalui Pembentukan Kelompok Kooperatif STAD dalam Penilaian Autentik. Jurnal penelitian pendidikan 1 (22): 37-43.
Aritonang KT. 2008. Minat dan Motivasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Jurnal Pendidikan Penabur 7 (10): 17-21.
Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar Dan Menengah, Jakarta
Bloom, BS 1986, Mastery Learning, Kolt, Rinehart and Winston. Inc. New York
Creswell John W, Plano Clark Vicki, 2007, Designing and Conducting Mixed Methods Research, Sage Publications Inc.
Dahar, R.W. 1996. Teori-Teori Belajar. Jakarta: Erlangga
Dewi S. K, Purnamasari A, Banyal S, Kristiani N, Mulyana B, 2018, Biologi SMA, Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, Jakarta
Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Rineka Cipta, Jakarta
D’Amato LG & ME Krasny. 2009. Outdoor Adventure Education: Applying Transformative Learning Theory in Addressing Instrumental and Emancipatory EE Goals. Journal of Environmental Education 5 (7): 12-13.
Firman, H. 2000. Penilaian Hasil Belajar dalam Pengajaran Kimia. Bandung: Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI
Ghozali Imam, 2011, Aplikasi analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 19, Badan Penerbit UNDIP, Semarang
Hadi Sudharto P, 2000, Manusia dan Lingkungan, UNDIP, Semarang
Hahat Rohayati, 2018, Pemanfaatan Lingkungan Sekitar Sebagai Media Pendukung Pembelajaran IPA Untuk meningkatkan Hasil belajar Peserta Didik di SDN 263 RANCALOA, Jurnal Elementaria Edukasia
Hamalik, Oemar. 2001. Proses belajar mengajar. PT Bumi Aksara: Jakarta.
Hartina, 2014, Peran Lingkungan dan Alam Sekitar sebagai Media Pembelajaran, Institut Agama Islam Negeri Mataram
Hall C & J Kidman. 2004, Teaching and Learning: Mapping the Contextual Influences. International Education Journal 5 (3):331-343.
Hasibuan. S.P Malayu, 1994. Menajemen Sumber Daya Manusia, CV. Haji Mas Agum, Jakarta.
Hasbullah. 2005, Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Husin, Azizah, 2012, Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kecerdasan Naturalis Terhadap Pengetahuan peserta didik terhadap konsep Keanekaragaman Hayati, Jurnal Pendidikan Lingkungan dan Pembangunan Berkelanjutan, Volume XIII , ISSN 1411-1829
Iksan Andi, Sulaiman, Ruslan, 2017, Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai sumber Belajar di SD Negeri 2 Teunom Aceh Jaya, Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP Unsyiah Vol. 2 Nomor 1,1-11
Indriati D. 2013. Kontribusi Kreativitas, Kemampuan Awal Dan Gaya Belajar Terhadap Prestasi Belajar Praktik Instalasi Home Theater Peserta didik SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta (Skripsi). Yogyakarta : UNY
Jumiati, Martala Sari, Dian Akmalia, 2011, Peningkatan Hasil Belajar Peserta didik dengan Menggunakan Model Numbered Heads Together (NHT) Pada Materi Gerak Pada Tumbuhan di Kelas VIII SMP SEI PUTIH KAMPAR, Lectora Volume 02. Universitas Lancang Kuning.
Karmana IW. 2011. Strategi Pembelajaran, Kemampuan Akademik, Kemampuan Pemecahan Masalah dan Hasil Belajar Biologi. Jurnal Ilmu Pendidikan 17 (5):378-386
Karno To, Yudi Wibisono, 2003, Petunjuk Instalasi dan Pengoperasian ANATES Versi 4, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Karno To, 2003, Mengenal Analisis Tes, Jurusan Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung
Kemendikbud, 2017, Model-Model Pembelajaran, Direktorat PSMA, Direktur Jenderal Pendidikan dasar dan menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan
Komalasari, Kokom. 2013. Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: PT Refika Aditama.
Komalasari K. 2011. Kontribusi Pembelajaran Kontekstual untuk Pengembangan Kompetensi Kewarganegaraan Peserta Didik SMP di Jabar. Mimbar 27 (1):47-55.
Kurniastuti. 2006. Meningkatkan Hasil Belajar Biologi Pokok Bahasan Ekosistem melalui Pendekatan Pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) pada Peserta didik Kelas X Semester Genap SMA Negeri 1 Doro Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2004/2005 (Skripsi). Semarang : Unnes.
Kurnianingrum, Arie Yuni. 2013. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah dengan Pembelajaran Kontekstual pada Materi Keanekaragaman Hayati Kelas X, Jurusan Biologi FMIPA Universitas Negeri Semarang.
Magdalena, R. 2015, Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) serta Pengaruhnya terhadap Hasil Belajar Biologi Peserta didik SMA Negeri 5 Kelas XI Kota Samarinda Tahun Ajaran 2015, Proceeding Biology Education Conference (ISSN: 2528-5742), 13 ( 299-306)
Meltzer, D.E, 2002, :The Relationsip Beetween Mathamatics Preparation and Conseptual Learning gains in Physics: Posisible “Hidden Variable” In Diagnostic Pretest Scores”. American Journal of Physics.
Moha. Hatim 2015, Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar Pada pembelajaran IPA di Kelas V SDN 13 Kabila Kabupaten Bone Bolango, Jurnal. http://kim.ung.ac.id/index.php/KIMFIP/Article/download/8873/8760.Diakses pada tanggal 24 mei 2016
Muchith M.Saekhan, 2007, Pembelajaran Kontekstual, Ra SAIL, Media Group Semarang
Muzriah M, Mestawaty As dan Ritman Ishak Puadi, 2014, Pemanfaatan Lingkungan Alam Sekitar sebagai sumber Belajar dalam meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas III SDN 10 Gadung, Jurnal Kreatif Tadulako Online, Vol. 5, ISSN 2354-614X
Mustaqim, Muhammad. 2012. Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Melalui Pemanfaatan Lingkungan sekitar sekolah sebagai sumber belajar Pada Kelas VII F SMP Muhammadiyah 1 Surakarta Tahun Ajaran 2011-2012.
Prawirohartono Slamet, 1995. Sins Biologi, Bumi Aksara, Jakarta
Purwanto & Ngalim M. 2002. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Rofisian N, 2017, Lingkungan Sekitar Sekolah Sebagai Media Pembelajaran IPA, Magistra No. 99 Th. XXX
Rusmono. 2012. Strategi Pembelajaran Dengan Problem Based Learning Itu Penting. Ghalia Indonesia: Bogor.
Rustaman, N.Y, 2003. Strategi Belajar Mengajar Biologi.Jurusan Pendidikan Biologi FPMIPA UPI, Bandung
Saragih A, A, 2012, Pengaruh Program Adiwiyata Terhadap Kognitif Afektif Dan Psikomotorik Lingkungan Hidup Peserta didik Sekolah Dasar Di Kota Medan, Universitas Sumatera Utara.
Sarwono, Jonathan. 2009. Statistik itu mudh: Panduan Lengkap untuk Belajar Komputasi Statistik Menggunakan SPSS 16. ANDI, Yogyakarta.
Setiawan. 2007. Penerapan Pengajaran Kontekstual Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar Biologi peserta didik Kelas X SMA Laboratorium Singaraja. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan 2 (1):42-59. IGAN
Setyosari, P. 2009. Belajar Berbasis Masalah (Problem-Based Learning). (Online), (http://tep.um.ac.id/berita-223-belajarberbasis-masalah problembasedlearning.html, diakses 04 April 2017).
Siswono, Tatag Yuli Eko. 2009. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta didik. Artikel Dosen Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) http://suaraguru.wordpress.com
Soenarno, S M, 1989, Kawasan Konservasi Alam Sebagai Media Pendidikan (Kasus Sikap Peserta didik terhadap konservasi alam di Kabupaten Ciamis Jawa Barat), Perpustakaan Universitas Indonesia
Sugiyono, 2013, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Alfabeta, Bandung
Sunyono, 2006. Peningkatan aktivitas Psikomotor Peserta didik melalui metode eksperimen berwawasan Lingkungan Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran 13 (1):33-42
Supriyono Agus, 2009, Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem, Pustaka Pelajar Indonesia, Jogjakarta
Suriana, Abdul Halim dan Mursal, 2016, Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) Berbasis Eksperimen Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Gaya Berpikir Peserta didik Di MAN Rukoh Banda Aceh, Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 04,(02) hlm. 127-139,
Sudjana. 2010. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo
Sugiyono. 2007. Statistik untuk Penelitian, CV. Alfabeta, Bandung
Susanto, Lingkungan dan Alam Sekitar Sebagai Media Pembelajaran, PGSD Pokjar Baturaja Ogan Komering Ulu
Suwarto. WA, 2010, Pengaruh Metode Pembelajaran Terhadap Pengetahuan Lingkungan Hidup diTinjau dari Kreativitas Peserta didik (Eksprimen pada peserta didik kelas X SMA Negeri Surakarta), Volume XI, ISSN 1411-1829
Tati, Zulkardi & Y Hartono. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kontekstual Pokok Bahasan Turunan di Madrasah Aliyah Negeri 3 Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika 3 (1):75-89
Tukimin & Salamah. 2011. Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPS Melalui Model PAKEM Dengan Menggunakan Alat Peraga Murah (APM) Pada Peserta didik Kelas VI SDN Kedungpucang Bener Purworejo Tahun Pelajaran 2008/2009. Jurnal Sosialita 3 (1):50-62
Winkel, WS. 2009. Psikologi Pengajaran. Jakarta : Gramedia.
Wulandari, A. 2010. Metode Penelitian (Online). Tersedia http://www.Trinoval.web.id /2010/04/Jenis Uji Statistik.html
Wulansari, E. 2008. Uji Normalitas dengan Kolmogorof Smirnov (Online) tersedia, http:jonikriswanto.blogspot.com/2008/10/uji-normalitas dengan –kolmogorov.httml